Mengenal Arti Stiker yang Ada di Kaca Bus

Kompas.com - 04/09/2020, 09:42 WIB
Bus AKAP wopitaBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.comBus sebagai angkutan penumpang juga tidak terlepas dari modifikasi. Mulai dari bagian eksterior seperti ganti pelek, sampai memasang stiker pada kaca bus.

Biasanya stiker yang dipasang pada bus ini merupakan tambahan yang dilakukan oleh kru kendaraan itu. Stiker berupa tulisan ini juga beragam, mulai dari merek dan tipe sasis yang digunakan, fasilitas pelayanan, tipe suspensi udara, sampai nama julukan bus tersebut.

Salah satu stiker yang ada di bagian kaca samping bus, menandakan kelas pelayanannya. Misal stiker bertuliskan Suites Class, artinya kelas pelayanan bus ini yaitu suites class dengan fasilitas kursi rebah dengan kabin yang mewah.

Baca juga: Ini Efek jika Kendaraan Lawas Minum BBM Oktan Tinggi

bus akap 3 as rodaKompas.com/Fathan Radityasani bus akap 3 as roda

Selain kelas pelayanan, ada juga yang menempelkan stiker merek dan tipe sasis yang digunakan bus tersebut. Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, stiker tersebut dipakai agar meningkatkan tampilan dari bus.

“Biar keren busnya, terutama yang pakai sasis premium seperti Scania, Mercedes Benz, dan Volvo, biasanya dipajang besar-besar,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Wacana Pertalite dan Premium Dihapus, BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Kemudian, ada juga stiker yang bertuliskan “Air Suspension”. Tulisan ini artinya, sasis yang digunakan sudah menggunakan suspensi udara yang lebih nyaman dibanding per daun. Sehingga menjadi kelebihan tersendiri dari bus yang digunakan.

Selanjutnya, ada juga yang menempelkan stiker berupa julukan dari bus tersebut. Biasanya julukan ini ditempel pada kaca depan bagian atas. Ukurannya juga besar, agar bisa dilihat dan dikenali oleh penumpang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X