Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Merestorasi Motor Lawas

Kompas.com - 11/09/2020, 19:41 WIB
Honda Pitung C70 Oni FaristiwaHonda Pitung C70
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren merestorasi motor lawas kembali menjangkiti para penggemar roda dua. Sebelum menggeluti hobi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tri Wahyudi, pemilik bengkel restorasi Rumah Pitung di Tangerang, Banten, mengatakan, sebelum memulainya para penggemar harus menentukan aliran restorasi yang diinginkan.

Apakah ingin mengembalikan keaslian motor secara keseluruhan, atau sekadar membuat motor lebih segar dan nyaman dibawa berkendara.

 

Baca juga: Dorong Daya Beli, Menperin Usulkan Pajak Mobil Baru 0 Persen

Deretan Honda C70 yang dijual di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan Honda C70 yang dijual di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).

“Hal ini diperlukan untuk menentukan pembelian spare part juga, karena motor lawas komponen imitasinya banyak. Jadi sebetulnya restorasi motor bisa menyesuaikan budget,” ucap Tri, kepada Kompas.com (10/9/2020).

Selanjutnya, saat mencari unit yang diincar pastikan motor memiliki kelengkapan bodi yang baik. Pasalnya mencari komponen bodi lebih susah ketimbang spare part mesin.

“Bikin rapi mesin gampang banget, tapi nyari komponen bodi itu setengah mati. Untuk komponen tertentu bisa sampai blusukan ke daerah-daerah,” ujar Tri.

Baca juga: Usai New Yaris, Toyota Siapkan Peluncuran Fortuner Baru?

Paket batok kepala Honda C70 replika.Ghulam/Otomania Paket batok kepala Honda C70 replika.

Menurutnya, jangan lupa untuk cek kelengkapan serta keaslian surat-surat dan sesuaikan dengan nomor rangka ataupun mesin.

“Umumnya surat-surat motor lawas mati, tapi pastikan motor punya STNK dan BPKB asli untuk menghidupkan kembali legalitasnya,”



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X