Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Biaya Restorasi Astrea Grand

Kompas.com - 25/08/2020, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli Honda Astrea Grand untuk diretorasi ramai dilakukan. Hanya saja mesti juga paham berapa biaya untuk restorasi agar sesuai dengan kantung.

Deny Firmansyah, pemilik bengkel restorasi Garasi Gue 31 yang biasa menggarap motor bebek, mengatakan, biaya restorasi bervariasi tergantung komponen yang mesti diganti.

Baca juga: Toyota Recall Lagi Innova dan Fortuner, Kali Ini Terkait Selang Rem

"Mahal jika memang banyak komponen yang ingin diganti, dan apakah mau pakai barang baru stok lama atau NOS," kata Deny kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda Astrea Grand Foto: Jhon Clasik Honda Astrea Grand

Putra Percasa, punggawa Jhon Clasik, bengkel restorasi khusus motor klasik Honda di Pondok Gede, Bekasi, mengatakan, pada dasarnya bengkel tidak mematok biaya tertentu.

"Kalau untuk biaya saya tidak bisa patok ya, saya kembalikan lagi ke pemilik. Paling saya sebutkan jasanya saja. Kalau biaya total kita ikut pemilik," kata Putra kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tips Berkendara yang Aman Saat Mengalami Gejala Aquaplaning

Honda Astrea Grand Foto: Mohammad Ghalib Honda Astrea Grand

Putra mengatakan bengkel akan mengikuti kesanggupan konsumen. Misalnya konsumen punya Rp 10 juta, maka bengkel tinggal menyesuaikan apa saja yang bisa diganti dengan uang segitu.

"Biasanya kita ikuti budget pemilik. Tapi kalau orangnya mau total full restoration, baru kita berani sebut harga, misalkan satu motor lengkap Rp 25 juta," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com