Istilah Ngeblong, Momen Saat Bus Salip Kendaraan Lain

Kompas.com - 11/09/2020, 18:01 WIB
Bus ngeblong youtubeBus ngeblong

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi bus antar kota antar provinsi (AKAP) ketika sedang beroperasi memang bisa memacu adrenalin. Tidak jaran bus yang melewati jalur Pantau Utara ( Pantura) ini menyalip banyak kendaraan lain demi sampai tujuan tepat waktu.

Aksi menyalip kendaraan ini biasa disebut dengan ngeblong oleh para penggemar bus atau bismania. Lalu sejak kapan dan dari mana istilah ini muncul dan digunakan untuk menggambarkan aksi menyalip kedaraan?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, istilah ngeblong ini sudah lama digunakan oleh para kru bus, kemudian menjadi awam di kalangan penggemar bus.

Baca juga: Pajak Kendaraan Habis Saat PSBB Ketat, Begini Cara Bayarnya

Bus AKAPJalur Bus Bus AKAP

Ngeblong ini artinya ketika bus mau menyalip kendaraan lain saat sedang berjalan,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (11/9/2020).

Namun Dimas mengatakan kalau saat ini istilah ngebong sudah lebih umum. Bukan hanya digunakan saat bus menyalip kendaraan, istilah ngeblong juga diartikan sebagai bus yang sedang ngebut.

Baca juga: Usai New Yaris, Toyota Siapkan Peluncuran Fortuner Baru?

Aksi ngeblong ini memang dulu terkenal saat bus menyalip kendaraan lain di Pantura. Namun sekarang, karena sudah adanya jalan tol Transjawa, aksi ngeblong ini juga dilakukan antar bus yang saling mengebut.

Kemudian untuk alasan mengapa bus melakukan aksi ini, Dimas mengatakan ada berbagai alasan. Misalnya Ada pengemudi yang mengejar waktu, buat istirahat. Ada juga yang kejar setoran dan enggak sedikit yang memang senang balapan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X