Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Bahan Restorasi Bebek Astrea Grand Bulus

Kompas.com - 16/08/2020, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Bebek retro seperti Honda Astrea Grand Bulus kembali marak terlihat di jalanan. Selain harganya yang murah, mesinnya terkenal bandel dan awet, bahkan termasuk hemat bahan bakar.

Beberapa orang mencari bahan dari Astrea Legenda yang lebih muda. Kemudian di downgrade atau direstorasi menjadi model yang lebih tua seperti Astrea Grand Bulus lansiran tahun 1991 sampai 1993.

Pemilik Bengkel Modifikasi, Rangkuti Motor di Bogor, Sammy Rangkuti akan membagikan tips bagaimana memilih motor bahan yang ingin direstorasi menjadi Astrea Grand Bulus.

Baca juga: Vinales Kuasai FP3 MotoGP Austria, Rossi Tertinggal Jauh

Honda Astrea SeriesFoto: CDuck Astrea Honda Astrea Series

“Pertama cek paking mesin, jangan ada yang rembes. Kemudian perhatikan bunyi dari mesinnya, terutama klep keteng dan noken as, kalau enggak berisik, artinya aman,” kata Sammy kepada Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Ketika ingin membeli motornya, geber sampai 3.000 rpm kemudian dilepas, pastikan apakah keluar asap putih dari knalpot atau tidak. Kalau asap putih dan bau oli, pastinya ring seher sudah kena sehingga keluar bau oli.

Baca juga: Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Contraflow di Cikampek Dihentikan

Sammy juga megatakan untuk memperhatikan bagian rangka motor yang akan dijadikan bahan restorasi. Usahakan kondisi rangka tidak ada yang keropos atau ada bekas las, agar lebih aman.

“Bagian rangka yang rawan keropos ada pada dudukan shock dan dudukan mesin bagian atas, perhatikan juga titik-titik lainnya,” ucap Sammy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com