Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Aman Naik Ojek Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta akan diperketat lagi Senin, 14 September 2020. Belum dijelaskan apakah ojek online (ojol) boleh mengangkut penumpang.

Walau bagaimanapun, sudah seharusnya sebagai penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona.

Selain menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan adalah membawa helm sendiri dan menggunakan sarung tangan.

Sony Susmana, Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada baiknya menggunakan helm yang memiliki perlindungan maksimal.

"Harusnya lebih baik full face, jadi benar-benar tertutup dan bisa memberikan proteksi yang lebih maksimal. Paling tidak bisa menghindari droplet dari pengendara ketika berbicara atau mungkin saat pengendara tersebut batuk," kata Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, sebenarnya penggunaan helm full face tak hanya untuk penumpang, tapi juga untuk pengendaranya. Sebab, bisa memberikan perlindungan dari lingkungan sekitar yang mungkin saja menjadi penyebaran Covid-19 ketika sedang berkendara.

Selain helm, satu hal lain yang kerap diabaikan penumpang adalah penggunaan sarung tangan. Padahal sarung tangan juga menjadi hal yang diwajibkan bagi penumpang motor di tengah masa pandemi.

"Penggunaan sarung tangan tak bisa diabaikan karena terkait masalah kebersihan atau higienis. Dengan menggunakan sarung tangan, setidaknya bisa meminimalisasi kotoran atau debu selama perjalanan," ujar Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/11/120200715/jakarta-psbb-lagi-begini-cara-aman-naik-ojek-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke