Bawa Motor, Kedua Tangan Wajib Ada di Setang

Kompas.com - 04/09/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi naik motor malam hari IDNtimesIlustrasi naik motor malam hari
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara dengan sepeda motor merupakan kegiatan yang butuh konsentrasi tinggi. Karena itu tangan dianjurkan berada di kedua setang.

Tapi tak jarang karena sambil mengerjakan yang lain, pengendara jadi hanya menggunakan tangan kanan. Tangan kini menggenggam ponsel, rokok, atau barang-barang lain.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani mengatakan, posisi tangan di kedua setang sangat krusial, karena itu mengendalikan motor dengan satu tangan sangat berisiko.

Baca juga: Pandemi Bisa Jadi Momentum Tingkatkan Layanan Transportasi Umum

Naik motor main HPmotorplus Naik motor main HP

“Jika berkendara tidak berpegangan di setang dengan baik, tentu akan membahayakan pengendara itu sendiri apabila terjadi situasi darurat dalam melakukan manuver,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika terjadi sesuatu, menggunakan satu tangan membuat pengendara tidak siap ketika melakukan manuver seperti mengerem mendadak atau berpindah lajur.

“Ketika melakukan pengereman mendadak atau tiba-tiba berpindah lajur, sangat tidak disarankan untuk melepas setang kemudi baik satu maupun kedua tangan jika dalam berkendara,” katanya.

Naik motor pakai payungHumor Poin Naik motor pakai payung

Baca juga: Ini Para Pemenang Balap Mobil Virtual Honda

Senada dengan Agus, Trainer Yamaha Riding Academy, Setyo Suyarko mengatakan, perilaku demikian tidak sesuai dengan standar keselamatan sehingga mengancam karena berbahaya.

“Dari sisi keamanan tidak disarankan untuk berkendara seperti itu. Jika tangan berada di posisi yang tidak semestinya, pengendara akan lebih sulit menghandling sepeda motor,” kata Setyo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X