Simak Bocoran dari Juri buat Peserta AMMDes Digimodz 2020

Kompas.com - 04/09/2020, 19:21 WIB
Kendaraan AMMDes yang disulap jadi mobil ambulance untuk membawa pasien terkena gejala virus corona. Dokumentasi Humas Kementerian PerindustrianKendaraan AMMDes yang disulap jadi mobil ambulance untuk membawa pasien terkena gejala virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kompetisi modifikasi digital Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) bertajuk AMMDes Digimodz kembali di gelar tahun ini. Tujuan dari diadakannya AMMDes Digimods ini untuk memacu inovasi produk AMMDes.

“Beberapa karya yang dinilai sesuai dengan kebutuhan di pedesaan, telah diwujudkan ke dalam unit aslinya,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, Jumat (4/9/2020).

Misalnya seperti pemanang AMMDes Digimodz tahun 2019, yaitu AMMDes Mini Mixer yang sudah dijadikan produk sebenarnya. Selain itu, adanya AMMDes Digimodz ini untuk menggali dan menambah referensi aplikasi ke depannya.

Baca juga: Honda PCX Hybrid Diskon Belasan Juta Rupiah sampai Akhir Tahun

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Istimewa AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Untuk mengikuti kompetisi ini pun mudah, sepenuhnya dilakukan secara online. Peserta yang ingin berpartisipasi cukup mengunduh formulir dan file gambar AMMDes pada laman www.ammdesdigimodz.com. Desain digital AMMDes yang telah dibuat peserta, selanjutnya dikirim ke email ammdesdigimodz@gmail.com.

Periode pengiriman karya kompetisi Kemenperin AMMDes Digimodz dimulai pada 4-28 September 2020. Nantinya, pemenang yang terpilih diumumkan saat penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX), Hybrid Event pada 10 Oktober 2020.

Para peserta Kemenperin AMMDes Digimodz dipersilakan untuk melakukan modifikasi digital mengacu pada dua aspek, styling dan aplikasi. Untuk styling, mulai dari ubahan desain tampak depan dan belakang, warna, pelek dan aksesoris penunjang.

Baca juga: Syarat Khusus yang Harus Dipenuhi Bus Double Decker di Indonesia

“Aspek aplikasi, yaitu tambahan aplikasi penunjang yang disesuaikan dengan tujuan AMMDes sebagai kendaraan penunjang di pedesaan,” ucap Aris Harvenda, salah satu juri AMMDes Digimodz, pada konferensi online, Jumat (4/9/2020).

Aris menambahkan, walaupun ini kompetisi modifikasi digital, desain yang dibuat sebisa mungkin bisa direalisasikan, jadi tidak asal buat.

Peserta juga harus menjelaskan konsep modifikasinya, mulai dari latar belakangnya, di mana lokasinya, dan apa peruntukannya.

Nantinya pada tanggal 29 September 2020 akan diumumkan lima nominator dan masing-masing akan mendapatkan Rp 2 juta. Untuk pemenangnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemenang utama dan dan Social Media Favorite.

AMMDes Digimodz 2NMAA AMMDes Digimodz 2

Sistem penilaian Social Media Favorite, diwajibkan untuk melakukan posting di instagram dengan menggunakan hashtag #AMMDesDigimodz2; wajib follow dan mention ke @nmaa_ind, @ammdeskmw, dan @kemenperin_ri ; serta akun tidak di set “private” dan akan dinilai berdasar jumlah likes terbanyak, serta metode lainnya yang akan digunakan oleh team panitia.

Untuk pemenang utama akan mendapatkan satu piala Kemeperin, Sertifikat Penghargaan AMMDes Digimodz dan uang Rp 10 juta. Sedangkan pemenang Social Media Favorite akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan uang Rp 5 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X