Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMMDes Selangkah Lebih Maju Menuju Ekspor

Kompas.com - 06/12/2019, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) tidak hanya akan dipasarkan di Indonesia saja. Mobil niaga buatan dalam negeri ini juga siap memasuki pasar global dan akan diekspor.

Sebelumnya, Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), mengatakan, sudah ada ketertarikan dari beberapa negara terhadap AMMDes.

Baca juga: AMMDes Jamilah Berhasil Pukau Menkes

"Memang ada beberapa yang sudah menyatakan niatnya, yang sudah minta itu seperti Timor Leste. Tunggu tanggal mainnya saja, akan diumumkan," ujar Putu di Cisarua, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

e-AMMDes dipamerkan di IEMS 2019.Istimewa e-AMMDes dipamerkan di IEMS 2019.

Ditemui di acara diskusi bertajuk "Economic Outlook: Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0", yang digelar oleh IDX Channel, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019), Putu Juli, mengatakan, AMMDes masih terkendala di sistem pembayarannya.

Baca juga: AMMDes Listrik Dilengkapi Sistem Keamanan Canggih Berbasis Smartphone

"Masih dalam pembahasan sistem pembayarannya," kata Putu, kepada Kompas.com.

Putu Juli sempat menyebutkan bahwa kemampuan off-road serta mudah diaplikasikan dengan berbagai instalasi sesuai kebutuhan, menjadi daya tarik negara lain untuk memilikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com