Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Bocoran dari Juri buat Peserta AMMDes Digimodz 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – Kompetisi modifikasi digital Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) bertajuk AMMDes Digimodz kembali di gelar tahun ini. Tujuan dari diadakannya AMMDes Digimods ini untuk memacu inovasi produk AMMDes.

“Beberapa karya yang dinilai sesuai dengan kebutuhan di pedesaan, telah diwujudkan ke dalam unit aslinya,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, Jumat (4/9/2020).

Misalnya seperti pemanang AMMDes Digimodz tahun 2019, yaitu AMMDes Mini Mixer yang sudah dijadikan produk sebenarnya. Selain itu, adanya AMMDes Digimodz ini untuk menggali dan menambah referensi aplikasi ke depannya.

Untuk mengikuti kompetisi ini pun mudah, sepenuhnya dilakukan secara online. Peserta yang ingin berpartisipasi cukup mengunduh formulir dan file gambar AMMDes pada laman www.ammdesdigimodz.com. Desain digital AMMDes yang telah dibuat peserta, selanjutnya dikirim ke email ammdesdigimodz@gmail.com.

Periode pengiriman karya kompetisi Kemenperin AMMDes Digimodz dimulai pada 4-28 September 2020. Nantinya, pemenang yang terpilih diumumkan saat penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX), Hybrid Event pada 10 Oktober 2020.

Para peserta Kemenperin AMMDes Digimodz dipersilakan untuk melakukan modifikasi digital mengacu pada dua aspek, styling dan aplikasi. Untuk styling, mulai dari ubahan desain tampak depan dan belakang, warna, pelek dan aksesoris penunjang.

“Aspek aplikasi, yaitu tambahan aplikasi penunjang yang disesuaikan dengan tujuan AMMDes sebagai kendaraan penunjang di pedesaan,” ucap Aris Harvenda, salah satu juri AMMDes Digimodz, pada konferensi online, Jumat (4/9/2020).

Aris menambahkan, walaupun ini kompetisi modifikasi digital, desain yang dibuat sebisa mungkin bisa direalisasikan, jadi tidak asal buat.

Peserta juga harus menjelaskan konsep modifikasinya, mulai dari latar belakangnya, di mana lokasinya, dan apa peruntukannya.

Nantinya pada tanggal 29 September 2020 akan diumumkan lima nominator dan masing-masing akan mendapatkan Rp 2 juta. Untuk pemenangnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemenang utama dan dan Social Media Favorite.

Sistem penilaian Social Media Favorite, diwajibkan untuk melakukan posting di instagram dengan menggunakan hashtag #AMMDesDigimodz2; wajib follow dan mention ke @nmaa_ind, @ammdeskmw, dan @kemenperin_ri ; serta akun tidak di set “private” dan akan dinilai berdasar jumlah likes terbanyak, serta metode lainnya yang akan digunakan oleh team panitia.

Untuk pemenang utama akan mendapatkan satu piala Kemeperin, Sertifikat Penghargaan AMMDes Digimodz dan uang Rp 10 juta. Sedangkan pemenang Social Media Favorite akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan uang Rp 5 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/04/192100715/simak-bocoran-dari-juri-buat-peserta-ammdes-digimodz-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke