Kompas.com - 01/09/2020, 09:12 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Peminat mobil bekas di tengah pandemi Covid-19 semakin meningkat, terlebih dengan adanya aturan ganjil genap yang mulai diterapkan kembali di wilayah DKI Jakarta.

Banyak calon pembeli yang kemudian berburu mobil seken dengan harga yang terjangkau atau di bawah Rp 100 juta.

Mobil dengan harga di bawah Rp 100 juta lebih banyak peminatnya dibandingkan yang harganya di atas Rp 100 juta.

Tidak bisa dipungkiri, mobil bekas yang paling menarik konsumen adalah dari merek asal Jepang. Meski begitu, tidak sedikit pula calon pembeli yang melirik mobil dari pabrikan Eropa.

Baca juga: Ini Syarat dan Biaya Resmi Penerbitan SIM C dan SIM A

Selain karena selera, mobil dari pabrikan Benua Biru juga dianggap mempunyai kesan berkendara yang berbeda dibandingkan dari pabrikan lainnya.

Ilustrasi BMW Seri 5 E39hemmings.com Ilustrasi BMW Seri 5 E39

Untuk jenis mobil Eropa yang banyak dipilih adalah jenis sedan. Tipe ini selain terlihat lebih elegan juga memberikan kesan mengemudi yang lebih nyaman.

Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, untuk saat ini yang paling banyak dicari adalah dari pabrikan Jepang.

“Mobil dari pabrikan Eropa bukan belum ada (kenaikan) tapi beli sparepartnya mahal dan ini tetap menjadi pertimbangan pembeli,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini Aturan Soal Masa Berlaku SIM Tak Lagi Berdasarkan Tanggal Lahir

Menurutnya, dengan kondisi seperti sekarang ini yang dicari konsumen adalah mobil yang bisa diajak berhemat.

Sedangkan untuk mobil dari pabrikan Eropa identik dengan biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dari pabrikan Jepang.

Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekasKompas.com/Dio Beragam pilihan mobil dari berbagai tahun tersedia di bursa mobil bekas

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.