Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos Mitsubishi Motors, Osamu Masuko Meninggal Dunia

Kompas.com - 31/08/2020, 18:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com – Mantan presiden Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko meninggal dunia. Masuko disebut telah tiada pada 27 Agustus 2020 dalam usia 71 tahun, karena insufiensi jantung.

Sebelumnya puncak kepemipinan MMC sebagai Chairman of The Board dan Perwakilan Pejabat Eksekutif MMC telah berganti dari Masuko kepada Takao Kato, karena alasan kesehatan pada Agustus ini.

“Atas nama almarhum, Pak Masuko, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia dan MMC terima,” ucap Takao Kato, Representative Executive Officer, Chief Executive Officer MMC, dalam rilis resmi perusahaan (31/8/2020).

Baca juga: Video Viral Perempuan Naik Motor Bertiga Masuk Tol dan Kecelakaan, Ini Kronologinya

Chief Excecutive Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko memperkenalkan Mitsubishi Xpander di ajang GIIAS, Kamis (10/9/2017).KOMPAS.com/Tiara Fitriyani Chief Excecutive Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko memperkenalkan Mitsubishi Xpander di ajang GIIAS, Kamis (10/9/2017).

MMC juga menyampaikan bahwa pemakaman akan dihadiri oleh keluarga dekat. Perusahaan menghormati keinginan almarhum untuk tidak menggelar acara perpisahan.

Dalam keterangan resmi MMC, disebutkan bahwa usai lulus dari Waseda University Faculty of Political Science and Economics pada Maret 1972. Sebulan berselang Masuko langsung bergabung dengan Mitsubishi Corporation.

Karir kepemipinan Masuko dimulai pada April 2003, saat itu ia ditunjuk sebagai Senior Vice President, Division COO of Motor Vehicle Business Division Mitsubishi Corporation.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Tampil Sporty ala Lamborghini Urus

CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko di Tokyo, Jepang, Selasa (27/10/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko di Tokyo, Jepang, Selasa (27/10/2015).

Ia mengembangkan dan menerapkan Rencana Revitalisasi Mitsubishi Motors serta melakukan segala upaya untuk merevitalisasi perusahaan.

Pria kelahiran 19 Februari 1949 ini diangkat menjadi presiden MMC pada 2005. Selama menjabat sebagai presiden dan CEO, Masuko memimpin proyek pengembangan kendaraan ramah lingkungan seperti EV dan PHEV.

Termasuk perluasan produksi dan penjualan di kawasan ASEAN, serta membangun kerja sama aliansi dengan Nissan dan Renault. Masuko bahkan turut andil dalam peluncuran world premiere Mitsubishi Xpander di Indonesia.

Baca juga: Jadi Tulang Punggung Penjualan, KIA Berencana Rakit Lokal Seltos

CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, di Jakarta, Rabu (10/8/2016).Febri Ardani/KompasOtomotif CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Selama 16 tahun menjabat sebagai pemimpin penting di MMC, Masuko telah membuat pencapaian besar dan berhasil mengatasi kesulitan yang menimpa perusahaan.

Pada masa-masa akhir karirnya, ia didapuk sebagai Special Advisor MMC. Dengan pengetahuan dan pengalamannya di dunia otomotif, Masuko menjadi penasihat khusus perusahaan mulai Agustus 2020.

Bersamaan dengan penunjukan itu, Mitsubishi juga sempat mengumumkan rencana globalnya dalam waktu dekat.

Baca juga: Taktik KTM agar Bisa Kencang di MotoGP 2020

Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.MMC Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.

Sejumlah produk baru telah disiapkan, termasuk model baru Xpander Hybrid. Namun sayang, nasib berkata lain. Tidak seperti generasi pertamanya, Masuko tak sempat menyaksikan langsung peluncuran model ini.

Selamat jalan Osamu Masuko, bapak Mitsubishi Xpander...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com