Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tulang Punggung Penjualan, KIA Berencana Rakit Lokal Seltos

Kompas.com - 31/08/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai agen pemegang merek KIA di Indonesia, PT Kreta Indo Artha sudah memiliki rencana untuk merakit secara lokal model yang dijual di Tanah Air. 

Pasalnya dari lima model yang sudah dipasarkan, mulai dari New Picanto, All New Rio, Grand Sedona, K2700, dan Seltoz, seluruhnya masih berstatus impor utuh dari luar negeri (CBU).

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat produk KIA akan berstatus CKD dan dirakit secara lokal.

 Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

 

Kia adakan tes drive untuk tiga produk baruya, Grand Sedona, All New RIo dan All New SportageOtomania Kia adakan tes drive untuk tiga produk baruya, Grand Sedona, All New RIo dan All New Sportage

Namun, hal ini rencananya akan dilakukan apabila penjualan dan permintaan produk KIA mengalami peningkatan.

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya tengah melakukan studi terkait model yang paling cocok diproduksi di Indonesia.

“Bangun pabrik ini sudah pasti, kami assembling pasti mau dan ini sudah kami jalankan studinya,” ucap Ario, dalam diskusi virtual bersama wartawan belum lama ini.

 Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

 

Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.Setyo Adi/KompasOtomotif Generasi ketiga Kia Grand Sedona resmi diperkenalkan di GIIAS 2016.

Seperti diketahui, total penjualan sejak Januari hingga Juli 2020, KIA berhasil mengumpulkan sekitar 400 unit dari semua model.

Dari sekian banyak model, rupanya Seltos menjadi produk yang paling banyak dilirik. Berdasarkan data KIA, Seltos menyumbang 75 persen. Sementara 10 persen K2700, dan sisanya terbagi oleh Rio, Picanto, serta Grand Sedona.

“Beberapa model sudah ada yang dipilih, tapi saya belum bisa bilang. Nanti akan ditentukan dengan economy of scale dan supply demand-nya. Jika memang volume-nya sudah banyak, mau enggak mau memang harus assembling,” katanya.

 Baca juga: Kembali Digalakkan, Ribuan Truk ODOL Ditertibkan di Tol Cipali

 

Kia SeltosKOMPAS.com/Ruly Kia Seltos

Mengenai lokasi perakitan mobil KIA, tampaknya fasilitas perakitan milik Indomobil jadi salah satu opsi yang bakal dipilih.

“Indomobil sendiri sudah memiliki beberapa fasilitas perakitan. Jadi untuk skala kecil bisa di tempat-tempat tertentu seperti di Pulogadung,” ujar Ario.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com