Inilah Beragam Model Legacy SR2 Milik Karoseri Laksana

Kompas.com - 31/08/2020, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu karoseri yang tekenal di Indonesia yaitu Laksana dari Ungaran Jawa Tengah. Karoseri Laksana ini juga memiliki berbagai model bus mulai dari medium sampai double decker.

Kompas.com sudah mengumpulkan beberapa tipe bus besar milik Laksana ini. Bus besar yang dibuat Laksana saat ini memiliki nama Legacy SR2 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, saat itu masih model single glass.

Kemudian pada tahun 2017, barulah Laksana meluncurkan Legacy SR2 dengan model double glass. Tipe Legacy SR2 ini juga terbagi menjadi berbagai model, mulai dari HD, Transporter, Suites Class, XHD dan Double Decker.

Baca juga: Video Viral Perempuan Naik Motor Bertiga Masuk Tol dan Kecelakaan, Ini Kronologinya

Legacy SR2 HD PrimeKaskus.co.id Legacy SR2 HD Prime

Pertama yaitu Legacy SR2 HD Prime, memiliki tinggi 3,75 meter. HD sendiri merupakan singkatan dari High Decker. Walaupun menjadi bodi yang paling dasar, model HD Prime ini sudah memiliki standar uji guling ECE.R66.

ECE.R66 merupakan singkatan dari Economic Commission Europe Regulation No. 66 yang merupakan standar untuk uji guling. Standar ini diberlakukan pada negara-negara eropa yang tergabung pada Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

Kemudian model kedua yaitu Legacy SR2 Transporter. Memiliki tinggi yang sama dengan HD prime yaitu 3,75 meter, namun bagasinya lebih tinggi, bahkan bisa untuk membawa motor. Walaupun begitu, konsekuensinya yaitu kabin yang berkurang tingginya.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Tampil Sporty ala Lamborghini Urus

Model Transporter ini cocok menggunakan sasis modular seperti Mercedes Benz OH 1626 yang sudah menggunakan space frame. Dengan memakai space frame, bagasi bus bisa lebih luas dan tembus antara sisi kanan dan kiri karena tidak ada batang sasisnya.

Kemudian untuk model ketiga, yaitu Legacy SR2 Suites Class. Model ini pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2019, memiliki tinggi yang sama dengan HD Prime dan Transporter namun dengan model kabin yang mewah

Suites Class memiliki kabin yang terdiri dari 21-24 kursi yang bisa direbahkan sampai hampir tiduran. Selain itu, memiliki sistem hiburan seperti di pesawat dengan memakai Audio Video On Demand (AVOD).

Suites class pandawa 87mobilkomersial.com Suites class pandawa 87

Setiap kursinya memiliki sekat pemisah dan tirai kain sehingga sangat mengutamakan privasi penumpang. Bahkan banyak juga yang menyebutkan kalau Suites Class ini seperti kasur berjalan dengan kursi rebahnya.

Selanjutnya yaitu model Legacy SR2 XHD Prime. XHD merupakan singkatan dari Xtra High Decker, memiliki dimensi yang lebih tinggi dari HD Prime, yaitu 3,885 meter. Bodi tinggi ini juga dibuat untuk sasis dengan GVW 18 ton sampai model triple axle atau tronton.

Bus AKAPmobilkomersial.com Bus AKAP

Karena memiliki dimensi yang tinggi, bodi XHD Prime memiliki bagasi yang sangat luas, lebih tinggi daripada model Transporter. Besarnya bagasi ini biasa dimanfaatkan operator bus untuk membawa kiriman paket ke daerah lain.

Model terakhir yaitu Legacy SR2 Double Decker. Model ini merupakan tipe bus tingkat dengan tinggi mencapai 4,15 meter. Karena dimensinya yang besar, hanya sasis tronton yang boleh untuk menggunakan bodi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.