Banyak Kasus Pemotor Masuk Tol, Kemampuan Membaca Rambu Dipertanyakan

Kompas.com - 31/08/2020, 12:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus pengendara sepeda motor masuk jalan tol sudah beberapa kali terulang. Paling terbaru kejadian tiga orang wanita dengan satu sepeda motor yang masuk jalan tol Jakarta-Cikampek.

Info dari Jasa Marga menyebutkan kejadian ini terjadi pada Minggu (30/8/2020). Diketahui bahwa pengendara sepeda motor berjalan santai di jalur cepat tol hingga kemudian terjatuh usai menyenggol sebuah Mitsubishi Pajero Sport saat berpindah ke jalur kiri.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati, mengatakan, pihaknya menyayangkan pengendara sepeda motor membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Viral Perempuan Naik Motor Bonceng Bertiga Masuk Tol dan Kecelakaan, Ini Kronologisnya

Berdasarkan kronologis dan keterangan pengendara motor, yang bersangkutan panik karena merasa dikejar mobil tidak dikenal. Satgas Kamtib Jalan Tol-Jakarta Cikampek turut mengejar dan mengamankan tiga orang tersebut.

“Jalan tol itu hanya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat. Akan berbahaya sekali jika motor masuk ke dalam jalan tol karena jalan tol didesain untuk kecepatan tinggi,” ujar Widiyatmoko, dalam keterangan tertulis (31/8/2020).

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, rambu-rambu larangan bagi kendaraan dua untuk masuk tol sebetulnya sudah cukup jelas.

Baca juga: Mobil Terbang Berpenumpang Pertama di Jepang Sukses Diuji Coba

Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini. Febri Ardani/KompasOtomotif - Berbagai sumber Coba jelaskan arti masing-masing rambu lalu lintas ini.

Namun dari sisi pengendara roda dua, harus lebih memperhatikan kesiapan dalam manajemen perjalanan hingga kemampuan dalam membaca rambu.

Seringnya pengendara sepeda motor yang masuk jalan tol telah menimbulkan pertanyaan, apakah mereka mampu memahami dan memaknai rambu-rambu lalu lintas di jalan?

“Banyak pengguna jalan raya, terutama pengendara roda dua tidak melakukan manajemen perjalanan secara benar. Sehingga mereka sering nyasar,” ucap Sony, kepada Kompas.com (31/8/2020).

“Dan kurangnya edukasi tentang keselamatan berkendara dengan benar, dalam hal ini uji SIM perlu diperketat. Utamanya masalah rambu-rambu, itu hal yang mendasar,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.