Reaksi Rossi, Dovizioso, dan Zarco Soal Absennya Marc Marquez

Kompas.com - 24/08/2020, 13:01 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez dipastikan bakal menjalani proses pemulihan total sebelum kembali tampil di kompetisi MotoGP. Repsol Honda memastikan bila Marquez akan absen selama dua sampai tiga bulan ke depan.

Hal ini disampaikan dalam pernyataan resmi Honda Racing Team yang menyatakan bila Baby Alien akan melanjutkan dan fokus pada proses pemulihan dirinya.

Juara dunia MotoGP tersebut sudah berkonsultasi dan membandingkan opini dari sejumlah spesialis terkait cedera yang humerus lengan kanan yang dialaminya.

"Diperkirakan akan butuh waktu antara 2-3 bulan sebelum Marc bisa kembali mengendarai RC213V. HRC menetapkan Grand Prix apapun sebagai titik kembalinya sang juara bertahan dan akan terus melaporkan perkembangan dari pemuliannnya," tulis pernyataan resmi HRC.

Baca juga: Marc Marquez Relakan Gelar Juara Dunia ke Quartararo atau Dovi

Menyikapi kondisi Marquez, beberapa pebalap ikut memberikan respon, termasuk Valentino Rossi. The Doctor mengatakan, dengan situasi dan kondisi yang dialami oleh Marquez menandakan bila dia adalah manusia biasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

BREAKING ???? @marcmarquez93 return put on hold! ???? Check our our story ???? for full info ???? #MM93 #MarcMarquez #MotoGP

A post shared by MotoGP (@motogp) on Aug 22, 2020 at 7:54am PDT

"Hal itu menunjukkan bahwa dia (Marquez) dalam manusia, meskipun ada keajaiban setelah cedera bisa kembali lagi berlaga, itu hal yang biasa di MotoGP. Selama beberapa tahun terakhir saya telah melihat pebalap pulih dari cedera dengan cara yang ajaib," ujar Rossi yang disitat dari Autosport.com, Minggu (23/3/2020).

Selain Rossi, juara MotoGP Austria, Andrea Dovizioso juga ikut memberikan komentar bila absennya Baby Alien tidak akan berdampak pada situasi gelarnya. Hal tersebut lantaran bila Marquez kembali di Misano atau sebelumnya, kondisinya bisa berubah.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020).AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020).

"Karena setiap kali dia (Marquez) berada di lintasan, dia pasti di atas. Tapi apakah itu lebih baik atau lebih buruk, saya tidak tahu. Ini berita besar untuk kejuaran, tapi tidak untuk kejuaraan dan situasi kami," ucap Dovi.

Pebalap Avianti Ducati Johann Zarco juga turut berkomentar, dia menggaku memahami sulitnya situasi saat ini bagi Marquez. Apalagi setelah beberapa waktu lalu sembuh dan ingin lekas kembali, tapi justru menelan pil pahit.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Styria, Oliveira Geser Morbidelli

Zarco menjelaskan bila kabar mengenai absennya Marquez hingga dua atau tiga bulan lantaran harus menjalani masa penyembuhan merupakan berita sedih.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).AFP/VLADIMIR SIMICEK Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).

"Saya sekarang memahami apa yang harus dia jalani, saya menjalankan operasi pertama saya dan itu adalah operasi kecil dibandingkan dia. Tetapi saya ingin naik motor lagi untuk meraasakan, tapi itu tidak mungkin," ucap Zarco.

"Ini berita sedih, dan akan sulit bagi dia, tapi kami mengenalnya dan dia masih muda. Jadi ketika dia kembali nanti, dia akan lebih kuat," kata Zarco.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X