Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Paham, Ini Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga

Kompas.com - 22/08/2020, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada data spesifikasi produk mobil di brosur, atau saat membaca pemberitaan seputar otomotif, kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi. Namun, nyatanya banyak yang belum paham maksud dari dua kata tersebut.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

Apabila definisi tersebut terlalu teknis, Anjar mencoba membuatnya lebih ringan.

Baca juga: Pernah Dengar Mitos Soal Kamper Bisa Menaikkan Oktan Bensin?

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara, torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai bergerak,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

Baca juga: Vinales dan Quartararo Sebut Mesin Yamaha Sudah Aman

Terkait dengan satuannya sendiri, Anjar menyebutkan, untuk torsi lazim menggunakan Newton (Nm) atau Kgm. Kemudian untuk tenaga horsepower (HP) bisa juga PS (dari bahasa German Pferdestarke).

Bicara pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar. Anjar menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara. Namun rata-rata untuk kendaraan komersial yang cenderung bawa muatan banyak, dibutuhkan torsi besar.

Sedangkan, untuk mobil-mobil balap, biasanya punya tenaga besar sampai ratusan Hp, karena memang mengejar kecepatan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com