Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Bensin Xpander Cross Saat Diajak Berpetualang Singkat

Kompas.com - 21/08/2020, 10:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Datang dengan status mobil keluarga yang siap diajak berpetualang, Mitsubishi Xpander Cross bukan cuma menawarkan sensasi berkendara baru. Tapi, satu hal yang menjadi penting bagi penghitungan ekonomi keluarga, adalah konsumsi bensin crossover LMPV itu ketika diajak berpetualang singkat ke luar kota.

Selesai menjajal performa, redaksi juga sempat mengajak Xpander Cross keliling dari dalam kota hingga menuju daerah Jatiluhur, Jawa Barat. Layaknya trip singkat, momen ini kami gunakan untuk menghitung konsumsi bensin.

Perhitungan bahan bakar dilakukan berdasarakan data dari Multi Information Display (MID). Protokolnya seperti biasa, sebelum memulai perjalanan odometer kami atur ulang ke angka nol, termasuk informasi display rata-rata bahan bakar.

Baca juga: Modal Kenyamanan Bertualang ala Xpander Cross

Mulai bergerak dari Kawasan Rawamangun, berkeliling ke daerah Senayan sampai Blok M, lalu masuk ke ruas Tol JORR dari pintu Pondok Indah bersama satu rekan redaksi lainnya.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Kondisi jalan juga bervariasi, meski hari biasa tapi pada beberapa ruas arteri tergolong padat, bahkan tak jarang kami dihadapkan dengan posisi stop n go. Begitu juga saat masuk ke ruas tol JORR, mulai dari kawasan Cilandak sampai Pasar Rebo, kondisinya juga ramai lantaran banyak truk besar yang melintas.

Masuk ke ruas Cikampek via tol layang, kecepatan kami coba konstan pada kisaran 80 kpj sesuai regulasi yang berlaku. Tak sulit untuk mengatur tekanan pedal gas lantaran Mitsubishi sudah melengkapi Xpander Cross dengan fitur cruise control.

Untuk mengaktifkanya juga tidak ribet, cukup menekan tombol yang ada pada gagang kemudi dengan menggunakan ibu jari tangan kanan, lalu set dengan tuas kecil guna mengatur kecepatan yang diinginkan. Setelah itu, kaki bisa bebas melepas pedal gas, tapi jangan terlena karena tetap harus waspada.

Baca juga: Mengenal Alter Ego Mitsubishi Xpander Cross

Setelah turun, gaya berkendara redaksi mulai sedikit agresif untuk melewati beberapa truk besar yang sudah ramai melintas hingga mau memasuki ruas Tol Padalarang. Tak jarang pedal gas kami kickdown untuk menstimulus tenaga agar bisa keluar lebih cepat.

Berlari pada kecepatan 120 kpj masih sanggup diladeni Xpander Cross dengan posisi pendingin kabin yang tetap menyala selama perjalanan, namun soal akselerasi memang tidak instan. Seakan membutuhkan waktu lebih lama agar mobil berlari lebih kencang, deru suara mesin juga mulai terdengan saat pedal gas kami injak lebih dalam.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Poin tersebut cukup wajar mengingat status Xpander Cross sebagai mobil keluarga yang tak menitik beratkan pada sisi keganasan mesin, tapi lebih menekankan untuk urusan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Seperti dibahas sebelumnya, urusan performa mesin MIVEC 1.500 cc yang digunakan MPV rasa SUV ini memang tak berbeda dengan Xpander biasa, tapi tetap ada beberapa kelebihan yang ditawarkan. Mulai dari handling sampai sensasi kenyamanan melibas jalan non-aspal berkat kaki-kaki yang disempurnakan.

Ketika diajakan melewati jalur berkelok menanjak masuk menuju kawasan Jatiluhur, terasa begitu mudah untuk dilewati. Bahkan tanpa perlu mengeluarkan effort berlebih, seperti memindahkan tuas transmisi ke gigi yang lebih rendah, Xpander Cross sudah bisa tiba ditujuan.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Baca juga: Impresi Fun to Drive Xpander Cross

Total jarak tempuh yang redaksi habiskan bersama Xpander mencapai 130 Km, sementara untuk rata-rata konsumsi bahan bakar yang kami dapat berdasarkan informasi di MID menunjukkan pada kisaran 19,8 kpl. Artinya, selama perjalanan dengan kombinasi kondisi jalan serta variasi gaya berkendara, satu liter bensin bisa membawa Xpander Cross sejauh 19,8 km.

Boleh dibilang pencapaiannya cukup mengesankan, tapi perlu diingat bila hasil tersebut hanya kisaran rata-rata saja. Ada banyak faktor juga yang mempengaruhi sisi efesiensi bahan bakar, salah satunya dukungan fitur cruise control yang membantu berkendara dalam kecepatan konstan.

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Selain itu, urusan kaki menginjak pedal gas juga tak kalah penting, belum lagi ditambah dengan kondisi jalan, tekanan udara pada ban, bobot kendaraan, serta jenis bahan bakar yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com