Mengenal Mobil Khusus Upacara Pejabat Milik TNI

Kompas.com - 21/08/2020, 08:02 WIB
Mobil Upacara TNI Delima JayaMobil Upacara TNI

BOGOR, KOMPAS.comMobil merupakan kendaraan roda empat untuk mengangkut orang. Tidak hanya itu, kadang mobil juga digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan tertentu, misalnya seperti upacara.

Mobil yang digunakan pada upacara pun tidak sembarangan, ada ubahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya. Misalnya seperti Jeep Wrangler Sport JL ini yang diubah oleh karoseri Delima Jaya di Bogor dengan tujuan sebagai kendaraan upacara pejabat tinggi negara.

Managing Director karoseri Delima Jaya, Winston Wiyanta mengatakan, mobil khusus ini pesanan dari Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Baca juga: Honda Astrea Grand Lahir Kembali, Tembus Rp 39 Jutaan

Mobil Upacara TNIDelima Jaya Mobil Upacara TNI

“Kita sudah pernah buat untuk semua, baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), maupun Angkatan Laut (AL). Ubahan yang dilakukan pun cukup banyak, misalnya hanya tersisa kursi pengemudi saja,” ucap Winston kepada Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Modifikasi yang dilakukan meliputi pembuatan panggung (platform) pada bagian belakang mobil, footstep tambahan, roll bar, handle, cover, pelapisan jok dengan kulit sintetis premium, penambahan karpet permadani, tiang bendera, dan bodi yang dicat ulang dengan premium paint.

Baca juga: Toyota Luncurkan Yaris Facelift, Harga Mulai Rp 260 Jutaan

Pada bagian belakang memang dijadikan tempat berdiri untuk pejabat tinggi negara. Kemudian pada bagian belakang juga sudah dilapis dengan karpet, termasuk di pintu masuk untuk pengemudinya.

“Bagian atapnya juga kita lepas, untuk fungsi sebagai kendaraan inspektur upacara, tidak dipasang lagi. Kemudian pintu tidak dipasang juga agar akses masuk mobil semakin mudah,” kata Winston.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X