Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Mobil Khusus Upacara Pejabat Milik TNI

BOGOR, KOMPAS.com – Mobil merupakan kendaraan roda empat untuk mengangkut orang. Tidak hanya itu, kadang mobil juga digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan tertentu, misalnya seperti upacara.

Mobil yang digunakan pada upacara pun tidak sembarangan, ada ubahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya. Misalnya seperti Jeep Wrangler Sport JL ini yang diubah oleh karoseri Delima Jaya di Bogor dengan tujuan sebagai kendaraan upacara pejabat tinggi negara.

Managing Director karoseri Delima Jaya, Winston Wiyanta mengatakan, mobil khusus ini pesanan dari Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

“Kita sudah pernah buat untuk semua, baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), maupun Angkatan Laut (AL). Ubahan yang dilakukan pun cukup banyak, misalnya hanya tersisa kursi pengemudi saja,” ucap Winston kepada Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Modifikasi yang dilakukan meliputi pembuatan panggung (platform) pada bagian belakang mobil, footstep tambahan, roll bar, handle, cover, pelapisan jok dengan kulit sintetis premium, penambahan karpet permadani, tiang bendera, dan bodi yang dicat ulang dengan premium paint.

Pada bagian belakang memang dijadikan tempat berdiri untuk pejabat tinggi negara. Kemudian pada bagian belakang juga sudah dilapis dengan karpet, termasuk di pintu masuk untuk pengemudinya.

“Bagian atapnya juga kita lepas, untuk fungsi sebagai kendaraan inspektur upacara, tidak dipasang lagi. Kemudian pintu tidak dipasang juga agar akses masuk mobil semakin mudah,” kata Winston.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/21/080200015/mengenal-mobil-khusus-upacara-pejabat-milik-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke