3 Faktor yang Bisa Menyebabkan Defogger Mobil Jadi Rusak

Kompas.com - 16/08/2020, 11:41 WIB
Defogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan     knowhow.napaonline.comDefogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Defogger atau penghilang embun pada kaca mobil bagian belakang jarang sekali mengalami kerusakan.

Meski begitu, bukan berarti komponen tersebut bisa awet dan digunakan seumur kendaraan. Layaknya komponen kendaraan roda empat lainnya, kerusakan tetap saja terjadi.

Apabila perangkat penghilang kabut itu sudah rusak, maka kecil kemungkinan bisa diperbaiki dan kembali berfungsi seperti semula.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan, pemilik mobil perlu memahami beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Berikut ini 3 hal yang menyebabkan defogger rusak

1. Penggantian kaca film

Pemasangan kaca film V-KoolSetyo Adi/Otomania Pemasangan kaca film V-Kool

Penyebab lain yang bisa membuat defogger rusak, yaitu penggantian kaca film.  Ganti pelindung kaca kerap dilakukan oleh para pemilik mobil saat mengubah tampilan. Tetapi, tidak bisa sembarangan terutama bagian belakang.

Hal ini karena pada kaca belakang menempel filamen defogger yang bisa saja putus jika tidak berhati-hati saat menggantinya.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mengganti kaca film harus memperhatikan keberadaan filamennya.

“(Kerusakan) filamen bisa terjadi saat pelepasan kaca film mobil, filamennya itu kan menempel pada kaca. Kalau kurang hati-hati filamennya bisa putus,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X