Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Fitur MG HS untuk Bisa Bersaing di Pasar SUV Indonesia

Kompas.com - 14/08/2020, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG Motor Indonesia akhirnya resmi mendatangkan sport utility vehicle (SUV) terbarunya, yakni MG HS. Mobil yang digadang-gadang menjadi rival Honda CR-V dan Wuling Almaz ini pun dihadirkan dalam dua varian, yakni Excite dan Ignite.

Harganya dipasarkan sebesar Rp 369,8 juta untuk Excite dan Rp 429,8 juta untuk Ignite yang menjadi tipe tertingginya. Lalu apa saja modal yang dimiliki SUV berdarah campuran Inggris dan China ini untuk bersaing dengan para rivalnya di Tanah Air.

Dari segi desain, MG HS memiliki tampilan yang cukup mewah, bahkan diklaim menonjolkan SUV khas Inggris yang mengkolaborasikan sisi elegan dan sporty yang dibungkus dalam bahasa desain Brit Dynamic.

Kemewahan pada sektor depan sudah tergambarkan melalui star rider grille yang dimensinya cukup mendominasi lalu di hiasi dengan list krom, termasuk pada sektor lampu kabinnya. Penerangan utama telah didukung dengan LED untuk versi tertingginya, sementara yang Excite masih menggunakan Hologen.

Baca juga: MG HS Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Tarikan garis dinamis yang dibalut dalam kemasan atelitis khas SUV sudah terlihat dari siluet sampingnya, apalagi ditambah dengan model kap mesin yang sedikit memanjang. Sementara bagian kaki-kaki sudah ditunjang dengan pelek 18 inci khusus bagi varian tertinggi.

Kesan mewah makin terlihat dengan adanya panoramic sunroof yang membentang di bagian atap, namun lagi-lagi ini hanya tersedia bagi varian tertingginya saja. Sedangkan untuk sektor belakang desainnya dibuat sedikit boxy, kesan sporty dihadirkan dengan adanya dua pipa knalpot serta underguard khas SUV di bawah bumper belakang.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Masuk ke Interior, kolaborasi kemewahan serta sporty juga ditonjolkan pada MG HS Ignite. Mulai dari tampilan sektor kokpit, sampai hadirnya jok ala bucket seat yang dilapis Alcantara premium leather dengan padanan dua warna, yakni hitam dan merah.

MG juga telah melengkapi HS dengan sistem hiburan yang mempuni dari head unit layar sentuh 10,1 inci yang sudah terkoneksi dengan Andorid Auto serta Apple Carplay yang siap memanjakan telingan dengan enam buah speaker-nya.

Tak hanya itu, interactive ambient light juga sudah disediakan, bahkan jumlahnya tidak tanggung-tanggung, ada 64 pilihan warna yang bisa disesuaikan keinginan pemilik. Kesan mewahnya juga ditunjukan dengan hadirnya aksens silver brush finish pada bingkai pendingin udara, area konsol, hingga tuas transmisi.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Baca juga: MG ZS Facelift Meluncur, Semakin Mirip Mazda

Kemudi pun dibuat ergonomis dengan balutan kulit dan dilengkapi dengan ragam tombol fungsi yang memudahkan pengendara. Paling penting lagi, MG HS juga sudah mengusung fitur tambahan berupa filter udara yang PM2.5 yang diklaim ampuh membuat kabin memiliki sirkulasi udara yang bersih.

Sedangkan dari sektor dapur pacu, MG menggunakan mesin DOHC berkubikasi 1.500 cc turbo TGI yang diklaim mampu menyuplai tenaga hingga 162 PS atau 159 tk serta torsi sebesar 250 Nm pada rpm 1.700 hingga 4.400. Olahan tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 7 percepatan Twin Clutch Sportronic.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Varian tertinggi MG HS juga dilengkapi dengan lima mode berkendara Eco, Normal, Sport, Super Sport, dan Custom. Hal ini memungkinkan pengendara menyesuikan sendiri kebutuhan saat mengendarainya.

Tak hanya tampilan dan tenaga, poin penting lainnya yang diunggulan MG HS adalah sisi keselamatan yang diklaim telah mendapatkan rating bintang lima dari European New Car Assessment Program (Euro NCAP) dan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Baca juga: Toyota Luncurkan All New Corolla Cross

Fitur keselamatannya sendiri terdiri dari enam titik airbags, Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Differential System, Door Opening Warning (DOW), dan lain sebagainya. MG mengklaim ada lebih dari 25 fitur keselamatan yang tertanam pada model terbarunya ini.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Bagi konsumen yang tertarik, MG menyediakan HS dengan empat pilihan warna, yakni Scarlet Red, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic. Melihat dari sisi harga dan fitur, rupanya cukup memungkinkan MG HS berkompetisi dengan Honda CR-V.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com