Kompas.com - 13/08/2020, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor pastinya wajib untuk mengenakan helm. Helm yang digunakan berfungsi untuk melindungi kepala agar mengurangi risiko cedera saat terlibat dalam kecelakaan.

Bentuk helm full face yang ada di pasaran ada beragam, salah satu contohnya yaitu helm motocross. Helm motocross memiliki bentuk yang lebih unik, seperti model dagu yang mengerucut dan adanya tambahan pet yang panjang.

Kedua komponen tadi yang ada di helm motocross sangat berperan dalam penggunaan off road. Lalu bagaimana jika helm motocross ini dipakai untuk harian di jalan aspal?

Baca juga: Honda Jazz Terbaru Hadir dengan Atap Sunroof

Helm untuk balap trail yang dijual di AHRS Racing Shop, Depok.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Helm untuk balap trail yang dijual di AHRS Racing Shop, Depok.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, sebaiknya gunakan helm sesuai dengan peruntukkannya. Setyo beropini kalau helm motocross tidak disarankan untuk digunakan harian.

“Desain dari helm motocross kurang smooth atau bulat, dan jika jatuh kemungkinan akan memperbesar risiko cedera,” kata Setyo kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu juga mengatakan yang serupa. Helm motocross tidak direkomendasikan untuk kecepatan tinggi seperti di on road atau aspal.

Baca juga: Daftar 10 Motor Matik Harga di Bawah Rp 5 Juta

“Karena kalau dipakai di aspal, seharusnya benturan kepala saat terjatuh di aspal, tidak ada hambatan dari bentuk helmnya yang bisa mencederai leher, oleh karena itu bentuk helmnya bundar,” kata Jusri kepada Kompas.com.

Setyo menambahkan, helm motocross tidak menggunakan visor. Ketika berjalan di aspal, banyak kendaraan yang bergerak dengan kecepatan menengah sampai tinggi, jadi kalau tanpa visor muka kurang terlindungi dengan maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.