Kompas.com - 06/08/2020, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti aki mobil, tersedia dua pilihan yang ada di pasaran. Pertama yaitu aki maintenance free (MF) atau biasa disebut aki kering dan yang kedua, aki basah yang masih memakai air aki.

Aki MF memiliki kelebihan yang tidak perlu dirawat secara rutin, namun harganya lebih mahal dibanding yang aki basah. Sedangkan aki basah memiliki harga yang lebih murah namun perlu dirawat secara rutin.

Bagi yang ingin mengganti aki mobilnya, tentu mempertanyakan dari kedua jenis ini, mana aki yang lebih awet. Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, keawetan dari aki MF dan basah sebetulnya sangat relatif dari penggunaan dan perawatannya.

Baca juga: Permintaan Meningkat, Pabrik Daihatsu Kembali Produksi 2 Shift

Ilustrasi aki MF Ilustrasi aki MF

“Misalnya jika sama-sama tidak dirawat, maka aki basah akan lebih cepat rusak dibanding aki MF,” kata Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Cairan yang ada pada aki basah akan menguap dalam kurun waktu tertentu dan perlu ditambah. Jika aki basah dibiarkan begitu saja, tidak ditambah cairannya, akan lebih cepat drop.

Sedangkan aki MF tetap menggunakan cairan yang lebih padat atau gel. Sehingga aki MF tidak perlu adanya perawatan seperti penambahan cairan secara berkala.

Baca juga: Deretan Fitur Canggih pada Mobil yang Biasanya Menganggur

“Lain halnya jika aki basah dirawat dengan benar dan rutin. Misal rajin servis berkala dan akan ditambah cairan akinya. Jadi aki bekerja maksimal dan awet, bahkan bisa melebihi usia aki MF dengan asumsi pemakaian normal,” ucap Suparna.

Suparna menambahkan, dalam pemakaian normal, aki MF memiliki usia pakai dua sampai tiga tahun. Jadi jika rajin merawat aki basah, usia pakainya bisa lebih dari itu. Sedangkan kalau tidak normal, aki MF hanya kuat setahun bahkan kurang usia pakainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.