Waspada, Pengemudi Mahir Cenderung Terlibat Kecelakaan Fatal

Kompas.com - 06/08/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comJalan raya merupakan tempat yang berbahaya. Peristiwa seperti kecelakaan baik ringan maupun berat, sering terjadi di jalanan. Namun jika diperhatikan, pengemudi yang berpengalaman sering terlibat dalam kecelakaan yang cukup parah.

Bukan berarti pengemudi pemula tidak mengalami kecelakaan, tetapi biasanya hanya yang ringan-ringan saja. Sedangkan yang berpengalaman, bisa terlibat pada kecelakaan yang bisa mematikan atau fatal.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Baca juga: Curhat Rossi Soal Teknisi Yamaha yang Keras Kepala

Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014Ververidis Vasilis/Shutterstock Sebuah kecelakaan beruntun terjadi di Veria, Yunani pada 5 Oktober 2014

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, pengemudi yang berpengalaman cenderung terlalu percaya diri di jalanan, sehingga memiliki kebiasaan menyetir yang berisiko tinggi.

“Karena menyetir sudah menjadi hal yang sering dilakukan, akan menjadi suatu hal yang biasa. Sehingga tidak lagi menantang dan akhirnya berusaha mencari tantangan baru,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Perilaku berisiko yang biasa dilakukan meliputi, ngebut untuk kesenangan pribadi maupun karena kondisi tertentu, tidak menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, menggunakan telepon genggam saat mengemudi dan lainnya.

Baca juga: Mobil Matik, Taruh Tuas di Posisi N Saat Parkir itu Salah!

Pengemudi yang berpengalaman lebih berani memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Sehingga benturan dan jenis kecelakaannya lebih fatal. Pengemudi berpengalaman bukan berarti lebih baik hard dan soft skill mengemudinya.

“Hard skill berarti operasional yang benar saat kendaraan terkontrol maupun lepas kendali. Soft skill sendiri artinya kemampuan dasar pengemudi dalam melihat dan mengambil keputusan yang tepat saat mengemudi,” ucap Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, kepada Kompas.com.

Sony menambahkan, perlu dibedakan antara pengemudi berkompetensi dan berpengalaman. Pengemudi berkompetensi menguasai hard skill, soft skill, dan jam terbang. Sedangkan pengemudi berpengalaman belum tentu menguasai tiga hal tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.