Motor Listrik Karya Anak Bangsa Ini Bakal Dipajang di Galeri Makau

Kompas.com - 05/08/2020, 07:22 WIB
Katalis EV.1000 TheArsenale Foto: IstimewaKatalis EV.1000 TheArsenale

JAKARTA, KOMPAS.com - Katalis Company, studio desain asal Indonesia, kembali merilis motor listrik baru, Katalis EV.1000 TheArsenale. Motor ini merupakan pengembangan dari Katalis EV.500 yang dirilis April lalu.

Menariknya EV.1000 TheArsenale merupakan produk spesial. Motor ini hanya dibuat satu unit, dan merupakan hasil kerjasama Katalis dengan galeri otomotif asal Perancis, TheArsenale.

Head of Strategy Katalis, Joseph Sinaga, mengatakan EV.1000 TheArsenale sengaja dibangun untuk dipajang di galeri TheArsenale di City of Dreams, Makau.

Baca juga: Motor Listrik Kreasi Anak Bangsa, Katalis EV.500 Resmi Meluncur

Katalis EV.1000 TheArsenale Foto: Istimewa Katalis EV.1000 TheArsenale

“Awalnya kami diajak untuk memajang Katalis EV.500. Namun setelah berdiskusi, akhirnya kami sepakat menggarap desain khusus yang hanya ada satu di dunia,” katanya dalam rilis resmi, Selasa (4/8/2020).

Berbeda dengan EV.500 yang mengambil konsep pesawat tempur zaman dulu, maka EV.1000 TheArsenale memiliki tampilan dominan hitam doff dengan aksen strip oranye.

Joseph mengatakan warna hitam dengan aksen oranye tersebut diambil dari saduran merek  TheArsenale. 

Baca juga: Motor Listrik MBI yang Mau Masuk Indonesia, Mirip NMAX dan Vario

Katalis EV.1000 TheArsenale Foto: Istimewa Katalis EV.1000 TheArsenale

"Perbedaannya motor baru ini, yaitu di decals sama power. Powernya sekarang 1000 watt, perbedaan lainnya adalah rem sekarang depan belakang sudah cakram," kata Joseph kepada Kompas.com.

Proses perakitan Katalis EV.1000 memakan waktu tiga bulan. Dihabiskan untuk aplikasi cat serta instalasi dashboard elektronik, dan fitur aplikasi lokasi pengendara secara daring.

"Dari segi visual dan positioning produk, kami berupaya untuk menarik minat generasi muda untuk memulai kebiasaan baru menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan," kata Joseph.

Katalis EV.1000 TheArsenaleFoto: Istimewa Katalis EV.1000 TheArsenale

Rinciannya teknis Katalis EV.1000 TheArsenale mengusung motor listrik berkapasitas 1000 watt yang disokong baterai 48V 45Ah, dengan kontroler berdaya 48-72 Volt.

“Intinya, motor ini bisa dipacu hingga 70-80 kilometer per jam, dengan jarak tempuh sekitar 90 kilometer sekali pengisian baterai,” ucap Julian Palapa, Principal Designer Katalis Company.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X