Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik MBI yang Mau Masuk Indonesia, Mirip NMAX dan Vario

Kompas.com - 03/08/2020, 16:33 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan asal Korea Selatan yang memproduksi motor listrik berencana untuk memasarkan produknya di Indonesia. Ada tiga model yang akan diluncurkan awal 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Manager Global Marketing MBI Victor Lee. Ketiga model tersebut rencananya akan diluncurkan secara bersamaan.

Baca juga: Cegah Korsleting, Jangan Semprot 2 Bagian ini di Motor Listrik

"Kita akan luncurkan semua model, antara lain MBI V, MBI S,, dan MBI X," ujar Victor, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Motor listrik MBIIstimewa Motor listrik MBI

Ketiganya menggunakan model skuter, tapi desainnya berbeda-beda. MBI V memiliki desain retro, MBI X desainnya sporty seperti Honda Vario, dan MBI S lebih elegan seperti Yamaha Nmax.

"Satu baterai kapasitasnya 37 V 31 Ah. Lalu, sistem motor listrik MBI itu harus masuk dua baterai sekaligus. Totalnya jadi 74 V 31 Ah," kata Victor.

Waktu pengecasannya cukup cepat. Dari kondisi baterai kosong hingga terisi penuh, Victor menyebutkan, hanya butuh waktu 2,5 jam.

Baca juga: Ingin Beli Motor listrik, Perhatikan Charger Baterainya

"Untuk pengecasan, ada seperti personal charger. Tidak bisa langsung colok ke motor, baterai harus dilepas dulu baru dicas," ujar Victor.

Victor menambahkan, daya jelajah motor listrik MBI mampu mencapai 100 kilometer. Sedangkan dengan kecepatan konstan 30 kilometer per jam, jarak tempuhnya bisa sampai 80 kilometer.

Ada tiga mode berkendara yang ditawarkan MBI pada skuter listrik ini, yaitu Eco dengan kecepatan maksimum 50 kilometer per jam, Drive hingga 70 kilometer per jam,dan Sport yang diklaim tembus 110 kilometer per jam.

Motor listrik MBIIstimewa Motor listrik MBI

"Spesifikasi motor listrik MBI itu sama seperti motor 250 cc. Powernya 5 kW dan maksimum 9 kW," kata Victor.

Victor mengatakan, motor listrik MBI pernah diuji secara ekstrem. Motor tersebut direndam di dalam air dengan ketinggian 50 cm selama satu jam dan hasilnya tidak ada masalah.

"Masalah pada motor listrik adalah takut korslet terkena air. Tapi, motor MBI ini sudah tahan air dengan kualitas IP67. Jadi, jauh lebih baik dari motor biasa," ujar Victor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com