Sering Disepelekan, Ini Fungsi Penting Karet Sil di Motor

Kompas.com - 03/08/2020, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor saat kondisi hujan, perlu memperhatikan bagian-bagian yang rawan terkena air. Khususnya komponen yang menggunakan sil karet sebagai pelindungnya, mulai dari sil oil shockbreaker sampai sela-sela yang ada pada roda.

Penggunaan motor yang sudah bertahun-tahun bisa membuat kondisi karet getas, bila sudah begini kemungkinan debu dan oli bocor sangat memungkinkan.

“Ini yang paling sering disepelekan, biasanya kalau tidak bocor orang malas untuk memeriksannya. Sil pada roda yang ada di tromol atau pelek bila sudah bocor bisa membuat debu dan air masuk,” ujar Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Berlaku 6 Agustus 2020, Ini Titik Lokasi Kamera Tilang Elektronik

Tutup busi dan oil shockotomotifnet.com Tutup busi dan oil shock

Ribut melanjutkan, efeknya bisa membuat karat pada bearing atau bantalan di ruang tromol yang dapat menimbulkan kerusakan. Sedangkan, pada sil shockbreaker depan bila bocor bisa membuat oli keluar dan berkurang.

Baca juga: Siap-siap, Tilang Elektronik Berlaku Mulai 6 Agustus 2020

“Akibatnya berdampak pada sistem pengendalian kemudi yang tidak lagi stabil,” katanya.

Selain sil karet, Ribut menjelaskan, hal lain yang tidak kalah penting adalah cup suppressor atau yang akrab dikenal dengan tutup busi.

Bagian ini cukup rentan bila terkena air, sedikit saja basah membuat fungsi kelistrikan terhambat sehingga motor mogok dan susah untuk dihidupkan.

“Bila karet sil tutup busi sudah rusak, segera diganti. Tapi bila kondisinya sedang di jalan, tutup pakai labkan hingga rapat untuk sementara waktu,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.