Pelat Nomor Cantik Tak Berlaku Selamanya, Hanya 5 Tahun

Kompas.com - 29/07/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi plat nomor mobil pilihan atau favorit KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan DIlustrasi plat nomor mobil pilihan atau favorit

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor ( NRKB) pilihan atau pelat nomor cantik pada kendaraan bisa menjadi daya tarik tersendiri atau kebanggaan bagi pemilik kendaraan tersebut.

Biaya yang dikenakan untuk memiliki pelat nomor cantik juga terbilang tidak murah. Paling murah biayanya Rp 5 juta dan yang tertinggi mencapai Rp 20 juta.

Baca juga: 7 Jenis Pelat Nomor yang Bakal Ditilang Polisi di Jalan

Maka dari itu, pelat nomor cantik sering kali dianggap sebagai tingkatan strata bagi pemilik kendaraan bermotor. Penggunanya banyak dari kalangan pejabat, artis, hingga pengusaha.

Ilustrasi plat nomor pilihanGrid.id Ilustrasi plat nomor pilihan

Namun, pelat nomor cantik ini tidak berlaku untuk selamanya. Penggunaan NRKB tersebut wajib melakukan perpanjangan masa berlaku jika ingin tetap menggunakan nomor pilihan tersebut.

Pelat nomor pilihan masa berlakunya mengikuti pajak lima tahunan STNK, kalau tidak dibayar maka pemilik kendaraan harus menggunakan pelat nomor biasa lagi seperti kendaraan pada umumnya,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Pembeli Mobil Baru Harus Menunggu Lama Pelat Nomor

Nyoman menambahkan, selain masa aktif, ada ketentuan tersendiri untuk pelat nomor cantik tersebut. Masa berlaku pelat nomor pilihan selama lima tahun hanya berlaku di wilayah yang sama.

Pelat nomor cantik tidak akan berlaku bila pemilik kendaraan melakukan mutasi atau melakukan pengubahan data registrasi pada kendaraannya.

“Seperti melakukan pengubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama. Jadi masa berlakunya sudah tercantum dalam surat keterangan yang dikeluarkan oleh kantor kepolisian daerah asal,” ujar Nyoman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X