Indikator Diesel Menyala, Apa Artinya?

Kompas.com - 29/07/2020, 07:42 WIB
Indikator filter bahan bakar diesel otomotifnetIndikator filter bahan bakar diesel

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki perbedaan dengan mesin bensin, mobil diesel punya perawatan khusus soal filter atau saringan bahan bakar.

Oleh sebab itu, untuk mengingatkan pemilik umumnya pada mobil diesel terdapat indikator filter solar pada panel instrumen, seperti contohnya pada Toyota Innova mesin diesel.

Secara fungsi, indikator tidak akan bekerja bila kondisi normal, tapi kalau ada masalah, seperti kadar air yang sudah penuh atau sudah banyak kotoran baru akan menyala.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, bahwa fungsi indikator filter solar memiliki dua model peringatan yang wajib jadi perhatian pemiilik mobil.

Baca juga: Ini Kebocoran Ban Mobil yang Tidak Bisa Ditambal Lagi

Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia. Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia.

“Harus dibedakan saat menyala, karena ada dua model yang punya arti beda. Bila berkedip berarti filter sudah penuh dan waktunya dikuras, kalau menyala terus artinya sudah banyak kotoran dari endapan bahan bakar,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Benarkah Pembonceng Lebih Berisiko Saat Kecelakaan Motor?

Menurutnya, filter sedimenter pada mesin diesel modern memiliki dua fungsi, yakni memisahkan air dari bahan bakar dan juga kotoran dari endapan. Meski demikian, ia menyarankan pemilik mobil tidak perlu langsung panik, karena fungsi indikator hanya sebagai pengingat.

“Tidak perlu panik, saat menyala itu kan hanya peringatan untuk pengendara tidak sampai seketika mesin langsung mati. Paling tidak mobil masih aman dibawa jalan hingga jarak 100 km, tapi baiknya jangan ditunda-tunda untuk mengecek atau bawa ke bengkel terdekat terutama bagi yang sudah menyala terus,” kata Didi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X