Kenapa Mini John Cooper Works GT Pakai Transmisi Matik?

Kompas.com - 28/07/2020, 14:42 WIB
Mini John Cooper Works GP Mini IndonesiaMini John Cooper Works GP
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Indonesia resmi meluncurkan John Cooper Works GT secara virtual, Senin (27/7/2020). Model yang diklaim sebagai Mini paling bertenaga dan secara regulasi sah digunakan di jalan raya tersebut, hanya ada 12 unit di Indonesia.

Menariknya, meski dibanderol cukup tinggi, yakni Rp 1,5 miliar, namun sebelum unitnya tiba di Tanah Air, 50 persen sudah terjual alias berstatuskan milik orang. Sementara sisanya akan menjadi barang rebutan penggemar Mini serta pecinta kecepatan.

Namun demikian, walau memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dengan mesin 4 silinder 2.000 cc Mini TwinPower Turbo yang diklaim dapat mengantarkan tenaga 306 tk dan torsi 450 Nm, sayangnya transfer kecepatannya masih menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Baca juga: Cuma 12 Unit, Apa Hebatnya Mini John Cooper Works GP

Kondisi tersebut sempat dipertanyakan, lantaran dengan mengusung DNA sport apa lagi berstatus road-legal, harusnya Mini John Cooper Works GT dibekali dengan transmisi manual agar saat digunakan di lintasan benar-benar terasa performanya, seperti model sebelumnya yang hadir pada 2013 silam.

Mini John Cooper Works GPwww.mini.co.id Mini John Cooper Works GP

Menjawab hal ini, Kidd Yam, Head of Mini Asia, mengatakan memang untuk model terbaru dari John Cooper Works GT dikembangkan berbeda dengan model sebelumnya.

Dari segi performa dan torsinya juga lebih besar, sehingga meski dengan model transmisi otomatis sudah bisa memberikan sensasi balap yang cukup bagi penggemarnya.

"Berdasarkan hasil study case kami, dari bisnis dan performa Mini John Cooper Works GT saat ini sudah cukup kompeten dengan performa yang sekarang. Jadi kami pakai transmisi 8 percepatan steptronic," ucap Kidd dalam sesi peluncuran virtual, Senin (28/7/2020).

Mini John Cooper Works GPMini Indonesia Mini John Cooper Works GP

Pertimbangan lain kenapa memakai transmisi matik dan tidak manual, karena peruntukannya tidak hanya untuk dilintasan saja. Menurut Kidd, Mini terbuas ini juga masih bisa digunakan sebagai kendaraan biasa, sehingga untuk menunjang kenyamanan maka disematkan transmisi matik yang lebih fleksibel.

Selain itu, meski menggunakan transmisi steptronic, konsumen yang suka dengan kecepatan dan ingin merasakan "tarikan" Mini John Cooper Works GT masih bisa memainkan sistem perpindahan gigi secara manual saat di lintasan menggunakan paddle shift yang berada di balik kemudi.

Baca juga: Mini Terbuas Mendarat di Indonesia, Cuma Ada 12 Unit

Mini mengklaim transmisi steptronic 8-percepatan merupakan elemen lain dari paket teknologi penggerak dan suspensi yang secara tepat diarahkan untuk kinerja maksimal, sehingga memberikan mobil ini sifat uniknya sendiri.

Mini John Cooper Works GPhttps://www.mini.co.id/ Mini John Cooper Works GP

Kondisi ini tercermin dalam karakteristik shift yang dimaksudkan untuk berkendara sporty, seperti dengan downshifts rem yang memberikan sisi pengereman lebih tajam dan akselerasi yang kuat.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X