Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengingat Kembali Lahirnya Sang Legenda Nissan GT-R

Kompas.com - 22/07/2020, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlahir pada Februari 1969 secara handmade, Nissan GT-R menjadi salah satu mobil ikonik di dunia yang dikenal dengan kekuatannya yang liar.

Prestasi yang digapainya itu melalui rentetan sejarah yang begitu panjang. Bermula saat Nissan menciptakan Skyline 200GT-R sebagai kendaraan roda empat touring yang berhasil memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun waktu tiga tahun.

Dasarnya, ini merupakan mobil yang pengembangan terinspirasi dari prototipe mobil balap Nissan R380. Model yang dibuat Prince Motor Company pada 1965 untuk bertarung di Grand Prix Japan.

Baca juga: Euro IV Sudah Diteken, Infrastruktur Pengujian Emisi Masih Disiapkan

Ilustrasi Nissan GT-RKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Nissan GT-R

Kemudian perusahaan itu bersama Nissan Motor dimerger pada 1966. Berbagai teknologi diadopsi, seperti mesin DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda.

Generasi pertama berkode PGC-10, yang menganut jantung mekanis S20 enam silinder berkubikasi 2,0 liter. Dapur pacu itu mampu menghasilkan tenaga tertinggi 160 PS di 7.000 rpm dan torsi maksimum 177 Nmm pada 5.600 rpm.

Seluruh daya sedan empat pintu disalurkan ke roda belakang dengan mempercayakan pemindah gigi manual 5-percepatan. Mobil yang dilengkapi limited slip differential ini bertarung di balap Jepang, melawan Toyota Corona 1600GT (RT55), Isuzu Bellet GTR, Mazda Familia (R100) dan Mazda Capella (RX-2).

Baca juga: Begini Cara Benar Memindahkan Persneling Mobil Transmisi Manual

Ilustrasi Nissan GT-RKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Nissan GT-R

Model ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969 di balap TS-B dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway. Pada tahun yang sama, tepatnya Oktober, GT-R menorehkan kemenangan ketujuhnya.

Pengembangan mobil terus dilakukan, sampai akhirnya mengadopsi sistem injeksi bahan bakar. Sontak, membuat output maksimum pada kendaraan dapat menyentuh 230 PS pada 8.400 rpm.

Dua tahun kemudian, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R ditambahkan ke dalam formasi.

Kemenangan ke-50 yang bersejarah diperoleh pada 20 Maret 1972 di Fuji GC – The Fuji 300km Speed Race. GT-R yang dikemudikan K. Takahasi mampu berada di posisi pertama usai menerpa angin kencang dan hujan lebat disertai awan gelap.

Baca juga: Nissan Magnite, Pesaing Raize dan Rocky Mulai Uji Coba

Membandingkan dengan Nissan GT-R 2014 GT Academy Membandingkan dengan Nissan GT-R 2014

GT-R menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, dengan total 52 kemenangan hanya dalam tiga tahun.

Popularitas model tersebut kini terus berlanjut sampai sekarang. Beberapa model bahkan muncul dalam seri permainan video, seperti Need For Speed.

Baik GT-R maupun Skyline juga pernah dihadirkan dalam film Fast and Furious. Puluhan versi GT-R berbeda turut tampak dalam game simulator balapan yang revolusioner Gran Turismo sebagai mobil virtual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com