Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma 12 Unit, Apa Hebatnya Mini John Cooper Works GP

Kompas.com - 28/07/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Indonesia resmi mendatangkan Mini John Cooper Works GP, Senin (27/7/2020). Mobil yang diklaim sebagai varian terbuas dari keluarga Mini 3-pintu ini berstatus sebagai sports car dengan legalitas penggunaan di jalan raya.

Tak hanya itu, sebagai model istimewa, Mini Jhon Cooper Works GP juga diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas, yakni 3.000 unit di dunia. Sementara untuk di Tanah Air, hanya mendapat jatah 12 unit saja.

Lalu apa saja yang ditawarkan dari Mini terbuas yang dipasarkan sebesar Rp 1,5 miliar tersebut. Melihat dari desain, karena berasal dari varian 3 Door makan secara visualnya tidak banyak berbeda, hanya saja untuk versi ini sudah ada sentuhan yang membuat tampilannya kental dengan nuansa sporty.

Mini mengklaim ada ubahan pada sektor bodi yang dimodifikasi secara rinci. Hal tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kesinambungan daya aerodinamis dan suplai udara pendingan yang mengarah ke mesin dan sistem rem.

Baca juga: Mini Terbuas Mendarat di Indonesia, Cuma Ada 12 Unit

Mini John Cooper Works GPMini Indonesia Mini John Cooper Works GP

Spoiler-wing besar dengan pola double-wing, desain apron surround pada bagian depan yang dikenal sebagai Blackband dan lip spoiler dari MINI John Cooper Works GP baru membentuk paket tampilan yang cukup sangar.

Kondisi ini dirancang senada dengan menanggalkan kursi bagian belakang untuk mengurangi gaya angkat sehingga menciptakan koefisien drag yang makin sempurna.

Karakteristik aerodinamis juga mencakup fender yang besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi dari substruktur termoplastik dan cangkang luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), konstruksi dari rancang bangunnya pun diklaim 10 kg lebih ringan dari versi JCW.

Sektor kaki-kaki tak luput dari sentuhan yang menggambarkan sebuah mobil kencang. Mulai dari penggunaan pelek Mini John Cooper Works GP berdimensi 18 inci yang dilengkapi dengan dop pelek berlogo GP dan ban 225/35 R18, sampai sistem pengerkan yang mengaplikasi kaliper 4 piston di depan dan piston tunggal di roda belakang.

Sebagai penanda khusus ini adalah varian istimewa dengan jumlah sangat terbatas, Mini pun menempatkan penomeran individual sesuai dengan jumlahnya. Sementara untuk Indonesia, Mini menyediakan penomeran "0075" untuk memperingati 75 kemerdekaan di tahun ini.

Baca juga: [VIDEO] Test Drive New Mini JCW Countryman

Mini John Cooper Works GP , cuma 12 unit di IndonesiaMini Indonesia Mini John Cooper Works GP , cuma 12 unit di Indonesia

Sayangnya konsumen tak bisa memilih varian warna, karena Mini hanya menyediakan satu saja yakni Racing Grey Metallic, yang dikombinasikan dengan aksen garis berkelir Chili Red pada spoiler atau dan grill bagian depan serta belakang. Sementara untuk atapnya sendiri dikelir warna Melting Silver Metallic yang senada dengan tutup spion.

Interior

Mini John Cooper Works GP hanya dilengkapi dengan dua jok sport yang dibalut dalam kombinasi Dinamica leather dengan tepi berkelir perak dan emblem GP di bawah head rest.

Trim interior ini juga dibuat khusus melalui pencetkaan 3D, sementara ruang baris kedua terdapat batang pelindung beban aluminium layaknya rollbar yang dibalut merah. Batang baja ini juga berguna sebagai penahan barang bawaan juga melakukan pengereman mendadak.

Mini John Cooper Works GPMini Indonesia Mini John Cooper Works GP

Baca juga: Sudah Banyak Respons, Kapan Maung Versi Sipil Diproduksi?

Nuansa sporty yang dihadirkan memang cukup kental, bahkan lingkar kemudi pun dibuat spesifik ala JCW yang dibungkus kulit Nappa yang halus dan karakter eksklusif. Paddle shift di belakang kemudi juga ikut dicetak dengan sentuhan 3D dalam logam.

Mini John Cooper Works GP baru hadir dengan kontrol AC otomatis dan 8.8 inci Mini Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Tak hanya itu, juga ada kluster instrumen digital pada kolom kemudi yang suasananya dibuat serba gelap.

Mini John Cooper Works GPMini Indonesia Mini John Cooper Works GP

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com