Makin Sangar, Toyota Hilux 2021 Bakal Punya Mesin V6 4.000 cc

Kompas.com - 25/07/2020, 15:22 WIB
Ilustrasi Toyota Hilux GR Sport cars.co.zaIlustrasi Toyota Hilux GR Sport
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Hilux merupakan salah satu pikap kabin ganda yang cukup diminati oleh konsumen dunia. Di beberapa negara termasuk Indonesia, Hilux dipasarkan dengan beberapa pilihan mesin.

Salah satunya mesin diesel 2.400 cc bertenaga 149,6 ps dan torsi 400 Nm untuk varian kabin ganda, serta mesin bensin 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 139 ps dan torsi 183 Nm untuk varian pikap.

Laman Autoindustriya melaporkan, produksi 2021 Hilux kan mendapat pilihan mesin baru GR-FE 4.000 cc V6 yang sama dengan kepunyaan Hilux GR Sport.

Baca juga: Intip Ruang Kabin Maung Pindad, Pakai Jok Racing

Ilustrasi mesin bensin berkapasitas besar V6 4.000 cc yang dimiliki Toyotawikipedia.org Ilustrasi mesin bensin berkapasitas besar V6 4.000 cc yang dimiliki Toyota

Mesin ini sanggup hasilkan tenaga maksimal 238 ps dan torsi 376 Nm. Tenaga tersebut akan disalurkan melalui penggerak 4WD serta transmisi otomatis 6-percepatan.

Dapur pacu ini sebetulnya sudah jamak dipakai oleh beberapa model Toyota di Timur Tengah ataupun Arab Saudi. Beberapa di antaranya Land Cruiser, FJ Cruiser, 4Runner, Tacoma, hingga Hilux versi lokal.

Jika nanti masuk pasar Asia, mesin V6 ini memang memiliki tenaga besar, namun torsinya masih kalah dari mesin diesel yang disematkan pada Hilux maupun Fortuner terbaru di Thailand.

Baca juga: Pindad Siap Aplikasi Mesin Merek Lain untuk Maung

Toyota meluncurkan Hilux generasi baru di Thailand, Kamis (4/6/2020).Toyota Toyota meluncurkan Hilux generasi baru di Thailand, Kamis (4/6/2020).

Di atas kertas, mesin diesel 2.800 cc GD Super Power Engine bisa menghasilkan tenaga 201 dk serta torsi maksimal 500 Nm.

Sementara buat Anda yang suka mesin bensin dengan tenaga tidak terlalu besar, Hilux juga bakal tersedia dengan pilihan mesin 2TR-FE 2.700 cc.

Mesin ini sama dengan yang pernah disematkan pada Fortuner atau Innova bensin di Indonesia, yang memiliki tenaga sekitar 166 ps dan torsi 245 Nm.

Baca juga: Bocoran Outlander Sport 2021, Berbagi Platform dengan Nissan X-Trail

Toyota Hilux Revo RoccoToyota Thailand Toyota Hilux Revo Rocco

Namun berbeda dengan mesin V6 yang hanya dilengkapi transmisi otomatis 6-percepatan, mesin ini dibekali juga dengan pilihan manual 5-percepatan dan sistem penggerak 4x2 atau 4x4, yang membuatnya akan lebih terjangkau.

Untuk pasar Asia, mesin bensin berkapasitas besar memang tidak begitu banyak permintaannya karena boros BBM. Hal ini yang membuat tak semua negara memasarkan Hilux dengan mesin bensin.

Sangat berbeda dengan kondisi di Timur Tengah, di mana mesin GR-FE 4.000 cc V6 sampai disematkan di beberapa model lantaran harga bensin yang relatif murah di wilayah itu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X