Kupas Penyebab Kecelakaan Marquez Hingga Patah Tulang

Kompas.com - 22/07/2020, 08:42 WIB
Marc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol IstimewaMarc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez alami kecelakaan fatal hingga cedera parah pada seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Juara dunia tahun lalu ini bahkan alami dua kecelakaan sekaligus.

Kecelakaan pertama saat dirinya memimpin jalannya balapan. Marquez mengalami lowside, keadaan di mana pebalap terjatuh bersama dengan motornya, karena kehilangan grip kedua atau salah satu ban tanpa mendapatkan traksi kembali.

Lowside paling sering terjadi ketika pebalap kehilangan grip di bagian depan.

Baca juga: Rossi Turut Doakan Kesembuhan Marc Marquez

Saat itu, Marquez terseret keluar trek hingga ke gravel. Hebatnya, pebalap Spanyol tersebut tetap dapat mempertahankan keseimbangan dan bertahan di atas motor.

Marc Marquez mengalami lowside di seri perdana MotoGP 2020Istimewa Marc Marquez mengalami lowside di seri perdana MotoGP 2020

Marquez pun kembali ke trek dan melanjutkan balapan. Kehebatan berikutnya ditunjukkan saat dirinya mengejar posisi teratas dan melewati banyak pebalap lain.

Saat sudah berada di posisi ketiga, ketika sedang mengejar Maverick Vinales, Marquez kembali mengalami kecelakaan. Kali ini, langkahnya harus terhenti.

Marquez mengalami highside, di mana roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat menikung, lalu kembali mendapatkan grip, sehingga membuat motor dan pengendaranya terpelanting.

Baca juga: Alex Marquez Yakin Kakaknya Segera Sembuh

Pebalap bisa terpental, karena saat ban mendapat grip, sokbreker akan mengalami rebound atau pantulan balik yang cukup keras. Highside sendiri sudah membuat banyak pebalap cedera parah, mulai dari patah tulang selangka hingga patah di bagian kaki.

Pada kasus Marquez, patah tulang lengan atas yang dialaminya terjadi bukan karena dirinya terbanting ke aspal. Patah tulang ini akibat tertabrak motornya sendiri yang terseret setelah kecelakaan.

Marc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, SpanyolIstimewa Marc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol

Banyak pebalap lain yang mengalami patah tulang akibat highside. Mata kaki Mick Doohan remuk dan memaksa ia untuk pensiun. Tahun 2010, Valentino Rossi mengalami patah kaki dan terpaksa absen beberapa seri hingga kehilangan kesempatan menjadi juara dunia.

Sedangkan, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa juga pernah mengalami patah tulang selangka akibat highside.

Hingga sekarang, belum ada teknologi yang dapat meramal motor akan memprediksi atau mencegah kapan lowside atau highside akan terjadi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X