Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Lengan Berhasil, Kapan Marc Marquez Kembali Mengaspal?

Kompas.com - 22/07/2020, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dikabarkan telah menjalani rangkaian operasi langan kanannya akibat cedera patah tulang ketika berlaga di MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020).

Seperti diketahui, ketika sedang mencoba mempertajam catatan waktu dan mempersempit jarak dengan Maverick Vinales, Marquez mengalamai insiden high side di tikungan ketiga Sirkuit Jerez. Pebalap asal Spanyol itu pun terguling hingga ke area pasir.

Baby Alien menjalani operasi di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona. Prosesnya ditangani oleh tim dokter Xavier Mir dengan memperbaiki fraktur atau patah tulang dengan pelat titanium dan sekrup.

Baca juga: Rossi Turut Doakan Kesembuhan Marc Marquez

"Saraf radial Marquez tak mengalami kerusakan apapun dari dampak patah tulang pada lengannya akibat kecelakaan tersebut," tulis Autosport, Selasa (21/7/2020).

Walau belum bisa memastikan kapan Marquez bisa kembali berlaga, namun sebelumnya Mir sudah memberikan sinyal bila dalam proses operasi ditemui sarafnya tidak terpengaruh, maka diharapkan juara dunia MotorGP 2019 ini bisa lebih cepat kembali mengasapal.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, dampak dari insiden membuat Baby Alien harus merelakan pertandingan pada seri Jerez akhir pekan ini. Bahkan besar kemungkinan juga tak bisa mengikut laga MotoGP Ceko pada 9 Agustus mendatang.

Namun demikian, hingga adanya informasi ini, pihak tim Repsol Honda belum memberikan penjelasan resmi soal kondisi atau status terkini dari pebalap andalannya tersebut.

Baca juga: Marc Marquez Sedang Menunjukkan Siapa Dirinya

Alberto Puig, Manajer Repsol Honda, sebelumnya hanya menjelaskan bila pihaknya tak akan mencari pebalap pengganti. Dengan demikian, Alex Marquez akan bertarung sendiri di seri berikutnya.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) saat menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) saat menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Bahkan Puig tak menyesali atas insiden yang dialami pebalap bernomor start 93 tersebut, justru sebaliknya. Puig menganggap Marquez telah mengalami peningkatan kecepatan yang drastis dari para rivalnya.

"Kami tahu jenis pengendara yang kami miliki, hari ini, sekali lagi, dia (Marquez) menunjukkan siapa dirinya kepada semua orang," kata Puig melansir dari Crash.net.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com