Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Penjualan Menurun, Honda Pertahankan Jazz di Indonesia

Kompas.com - 22/07/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Jazz merupakan salah satu hatchback terlaris di Indonesia. Sejak meluncur pada 2004 sampai saat ini, Jazz sudah hadir dalam tiga generasi yang diperbarui secara rutin.

Namun dalam beberapa tahun belakangan, tren penjualan hatchback bisa dibilang menurun, kalah pamor dengan segmen sport utility vehicle (SUV).

Bahkan di pasar Amerika Serikat, Jazz sudah berencana untuk dihentikan penjualannya karena performa yang kurang memuaskan.

Baca juga: Mobil Diesel Tak Boleh Ganti-ganti Jenis Solar, Mitos atau Fakta?

Honda Jazz Facelift 2018 Honda Jazz Facelift 2018

Menurut laporan Automotive News, penjualan hatchback yang tidak signifikan membuat Honda AS kini hanya mengandalkan HR-V dan Civic Hatchback saja di segmen entry level.

Bisa dibilang saat ini hampir semua merek punya pemain di segmen SUV, sementara di segmen hatchback tinggal tersisa sejumlah nama besar.

Di Indonesia, Jazz jadi salah satu yang bertahan, termasuk kompetitor utama, Toyota Yaris. Sementara Suzuki sudah tak memasarkan Swift, tapi digantikan Baleno sejak 2017.

Baca juga: Yamaha Masih Belum Tahu Penyebab Motor Rossi Mogok

 

Honda Jazz dipamerkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2017). GIIAS 2017 akan berlangsung hingga 20 Agustus 2017 KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Honda Jazz dipamerkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2017). GIIAS 2017 akan berlangsung hingga 20 Agustus 2017

Dilansir dari data wholesales Gaikindo, penjualan Jazz dalam dua tahun terakhir masih bisa melebihi 10.000 unit dalam setahun, walaupun trennya terlihat menurun.

Tercatat pada 2018, distribusi Jazz dari pabrik ke diler sebanyak 14.270 unit. Sedangkan pada 2019 hanya mencapai 12.168 unit.

Penjualan Jazz makin terlihat menurun setelah dihantam pandemi virus corona. Pada sepanjang Januari-Juni 2020, Jazz hanya sanggup mencetak angka 3.294 unit.

Baca juga: Daihatsu Sigra Jadi Mobil Murah Terlaris Semester I/2020

 

All New Honda Jazz atau di sejumlah negara disebut dengan Honda Fit, meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com / Azwar Ferdian All New Honda Jazz atau di sejumlah negara disebut dengan Honda Fit, meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Yusak Billy, Business Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, memastikan pihaknya akan tetap memasarkan Jazz untuk pasar Indonesia meski trennya terlihat menurun.

Billy mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan studi dan pengembangan Jazz terbaru. Namun penyegaran yang dilakukan kepada Jazz, menurutnya akan mengikuti selera yang cocok dengan pasar Tanah Air.

Seperti diketahui, pada gelaran Tokyo Motor Show 2019, Honda telah meluncurkan Jazz generasi keempat. Tapi mobil tersebut sepertinya hanya untuk pasar Jepang dan Eropa, tidak termasuk Indonesia.

“Sekarang Jazz masih dijual, untuk ke depannya kami akan lakukan penyegaran suatu model dengan mempertahankan sporty image untuk segmen hatchback ini,” ujar Billy kepada Kompas.com (21/7/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com