3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Motor Matik

Kompas.com - 22/07/2020, 08:12 WIB
Tes ride BMW C400GT selama beberapa hari Kompas.com / Setyo AdiTes ride BMW C400GT selama beberapa hari
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skuter otomatik alias skutik memang lebih praktis. Cukup putar gas motor sudah bisa meluncur. Cara mengoperasikan rem pun mudah karena ada di tuas kiri kanan.

Kendati demikian dalam praktiknya bisa saja tidak semudah itu, terutama buat yang baru belajar mengendarai motor. Sebab situasi di jalan raya tidak bisa diprediksi dan butuh konsentrasi yang tinggi.

Setidaknya, ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan pengendara skutik, yaitu menarik gas tiba-tiba, kemudian menahan gas dan rem bersamaan, terakhir hanya menggunakan satu rem depan atau belakang saja.

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

1. Hanya operasikan satu rem

Berbeda dengan jenis motor lain, rem skutik terletak di tuas kiri dan kanan mirip seperti sepeda gowes. Tuas kiri untuk rem belakang dan tuas kanan untuk rem depan.

Kerap terjadi penggunaan rem ini tidak maksimal sebab hanya menggunakan salah satu saja, yaitu rem depan saja atau rem belakang saja. Padahal baik rem depan atau rem belakang punya fungsi berbeda.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, saat kondisi motor pelan dengan kecepatan di bawah 30 kpj disarankan hanya menggunakan rem belakang saja.

"Saat kecepatan motor diantara 30 kpj sampai 80 kpj, maka rem yang digunakan ialah kombinasi rem depan dan belakang," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Handling Honda All New PCX yang kini seperti naik skutik kecil.F Yosi for Kompas.com Handling Honda All New PCX yang kini seperti naik skutik kecil.

2. Menarik gas tiba-tiba

Untuk mendapat akselerasi bawah yang kencang, pengendara skutik sering buka gas penuh secara cepat. Jika sering dilakukan maka sebetulnya merugikan beberapa komponen lain.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X