Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Sedang Menunjukkan Siapa Dirinya

Kompas.com - 21/07/2020, 11:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul kecelakaan yang dialami Marc Marquez dalam laga awal MotoGP Spanyol pada Minggu, (19/7/2020), rupanya Repsol Honda tak berniat mencari pebalap pengganti. Dalam kata lain, Alex Marquez akan berjuang sendiri di ajang MotoGP Andalusia akhir pekan ini.

Dikabarkan oleh Autosport, Marquez akan menjalani rangkaian pemeriksaan medis dan di bawa ke Barcelona untuk menjalani operasi. Akibat insiden yang dialaminya, membuat juara dunia tahun lalu ini harus kehilangan dua seri MotoGP Jerez.

Abesennya Baby Alien tentu saja akan menjadi pukulan telak bagi tim, terutama dalam upaya untuk mengumpulkan poin.

Baca juga: Marc Marquez Bakal Absen di Dua Seri MotoGP 2020

Apalagi meski dikabarkan Marquez berniat untuk segera tampil di Agustus nanti, namun Xavier Mir, dokter yang menanganinya belum bisa memberikan kepastian kapan kondisi Marquez bisa benar-benar pulih.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

"Marc tidak akan berada di Jerez dan tujuannya adalah dia dapat berlaga di Brno. Ini adalah cedera yang sangat penting, jika saraf tidak terpengaruh kita dapat menstabilkan fraktur dan mengurangi tenggat waktu (pemulihan)," kata Mir.

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig menjelaskan, bila pihaknya tak menyesali atas insiden yang menimpa pebalapnya. Justru sebaliknya, penampilan Marquez pada laga pembuka di Spanyol telah menunjukan hal positif.

Puig menganggap Baby Alien telah mengalami peningkatan kecepatan yang drastis dari para rivalnya. Kondisi tersebut menggambarkan bila Marquez terus mengalami peningkatan dan pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Update Kondisi Marc Marquez, Tangannya Patah dan Harus Dioperasi

"Strateginya adalah membuat awal yang baik ketika lampu start padam dan mencoba melanjutkan untuk mempin balap. Ini yang terjadi sampai Marc punya waktu dan harus keluar jalur di awal lomba. Saat dia keluar lintasan, Marc butuh dua putaran agar kembali berkonsentrasi, tetapi kami melihat dia akan mengejar pebalap di depan," ucap Puig yang disitat dari Crash.net.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020).AFP/JAVIER SORIANO Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020).

"Jika ada empat atau lima lap lagi, dia bisa menggeser Quartaro. Kami tahu jenis pengendara yang kami miliki, hari ini, sekali lagi, dia (Marquez) menunjukkan siapa dirinya kepada semua orang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com