Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna yang Tetap Terlihat Mulus Walau Ada Baret Halus

Kompas.com - 20/07/2020, 20:15 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memiliki mobil yang digunakan harian, pasti tidak akan terlepas dari bodi yang baret-baret. baret yang didapatkan juga halus, seperti tersenggol oleh kendaraan lain atau motor.

Bagi yang tidak mau mobilnya kelihatan baret-baret halus, bisa memilih warna putih atau silver untuk kelir kendaraannya. Kedua warna ini memiliki keunggulan menutupi baret-baret halus.

Sehingga walaupun bodi ada baret, mobil dengan kedua warna ini akan terlihat tetap bersih. Hal tersebut bukan asal saja tanpa teori, ada alasan di balik kenapa warna putih atau silver tetap terlihat bersih walau ada baret halus.

Baca juga: Aksi Gila Marc Marquez, Nyaris Kecelakaan hingga Benar-benar Crash!

Poles mobil warna putihdaicare.co.id Poles mobil warna putih

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, Yuly Kridiawan mengatakan, ada teori warna yang menjelaskan mengenai gelombang cahaya yang berbeda-beda. Warna gelap seperti hitam cenderung menyerap semua gelombang cahaya.

“Maka dari itu setiap lapisan yang berwarna hitam, ketika terdapat kotoran atau baret, akan mudah terlihat. Sebaliknya untuk warna putih atau silver akan memantul penerimaan cahaya,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Baca juga: Tampil Konsisten, Andi Gilang Raih Posisi ke-20 di Moto2 Jerez

Karena pemantulan cahaya tersebut, baret akan tidak terlalu terlihat pada kendaraan dengan warna putih atau silver. Namun dibalik itu, warna putih memiliki kekurangan yaitu mudah terlihat kotor.

“Karena sifatnya yang memantulkan cahaya, maka dari itu kotoran atau flek akan mudah terlihat oleh mata. Butuh perawatan khusus dengan mengaplikasikan removal water mark setiap 6 bulan atau setahun sekali, tergantung kondisi kotorannya,” kata Yuly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com