Ini Warna yang Tetap Terlihat Mulus Walau Ada Baret Halus

Kompas.com - 20/07/2020, 20:15 WIB
Ilustrasi sewa Toyota Avanza jejakpiknik.comIlustrasi sewa Toyota Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memiliki mobil yang digunakan harian, pasti tidak akan terlepas dari bodi yang baret-baret. baret yang didapatkan juga halus, seperti tersenggol oleh kendaraan lain atau motor.

Bagi yang tidak mau mobilnya kelihatan baret-baret halus, bisa memilih warna putih atau silver untuk kelir kendaraannya. Kedua warna ini memiliki keunggulan menutupi baret-baret halus.

Sehingga walaupun bodi ada baret, mobil dengan kedua warna ini akan terlihat tetap bersih. Hal tersebut bukan asal saja tanpa teori, ada alasan di balik kenapa warna putih atau silver tetap terlihat bersih walau ada baret halus.

Baca juga: Aksi Gila Marc Marquez, Nyaris Kecelakaan hingga Benar-benar Crash!

Poles mobil warna putihdaicare.co.id Poles mobil warna putih

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, Yuly Kridiawan mengatakan, ada teori warna yang menjelaskan mengenai gelombang cahaya yang berbeda-beda. Warna gelap seperti hitam cenderung menyerap semua gelombang cahaya.

“Maka dari itu setiap lapisan yang berwarna hitam, ketika terdapat kotoran atau baret, akan mudah terlihat. Sebaliknya untuk warna putih atau silver akan memantul penerimaan cahaya,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Baca juga: Tampil Konsisten, Andi Gilang Raih Posisi ke-20 di Moto2 Jerez

Karena pemantulan cahaya tersebut, baret akan tidak terlalu terlihat pada kendaraan dengan warna putih atau silver. Namun dibalik itu, warna putih memiliki kekurangan yaitu mudah terlihat kotor.

“Karena sifatnya yang memantulkan cahaya, maka dari itu kotoran atau flek akan mudah terlihat oleh mata. Butuh perawatan khusus dengan mengaplikasikan removal water mark setiap 6 bulan atau setahun sekali, tergantung kondisi kotorannya,” kata Yuly.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X