Mengapa Pilih Gerobak Listrik buat Kompetisi Modifikasi di IMX 2020?

Kompas.com - 17/07/2020, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 kembali membuat acara kompetisi yaitu Gelis Tuner Competition.

Kegiatan ini merupakan kompetisi tiga modifikator untuk mengubah tampilan gerobak listrik (Gelis) menjadi kendaraan niaga yang ramah lingkungan, fungsional dan terjangkau.

Uniknya pada gelaran IMX yang penuh dengan kendaraan modifikasi, mengapa mengadakan kompetisi modifikasi gelis? Mengapa tidak tipe kendaraan lainnya?

Baca juga: Uji Renault Triber Dipakai Jadi Mobil Harian

Gelis Tuner Competition IMX 2020Charles Sumardi Gelis Tuner Competition IMX 2020

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian perindustrian RI, Putu Juli Ardika mengatakan, penggunaan kendaraan roda tiga bisa luas sekali, kemudian juga menjadi pendorong pengenalan teknologi kendaraan listrik.

“Gelis bisa mewakili sebagai kendaraan listrik yang efisien, ramah lingkungan dan terjangkau. Itulah mengapa dijatuhkan pilihannya pada Gelis,” kata Putu dalam konverensi online Gelis Tuner Competition, Jumat (17/7/2020).

Putu juga mengatakan, ada berbagai opsi seperti becak listrik ataupun sepeda listrik, namun yang lebih umum, yaitu Gelis.

Kalau becak listrik, membuat regulasinya masih perlu didefinisikan, karena masing-masing daerah memiliki kearifan lokalnya masng-masing.

Baca juga: Ini Warna Kendaraan yang Sulit Dirawat

Menggunakan Gelis juga bisa sebagai katalisator atau mempercepat pengenalan teknologi kendaraan listrik pada masyarakat, sesuai amanah Perpres 55 Tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya.

Tantangan dari kompetisi ini yaitu membuat konsep modifikasi dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.

“Diharapkan hasil modifikasi ini nantinya bisa menjadi inspirasi buat wirausaha-wirausaha lainnya untuk menjadikan motor roda tiga ini menjadi solusi untuk usah-usaha kreatif lainnya,” ucap Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX Project Director dalam kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.