Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Modifikasi Kendaraan Roda Tiga Listrik Gelis di IMX 2020

Kompas.com - 17/07/2020, 18:03 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan menghadirkan acara baru, kompetisi modifikasi gerobak listrik (Gelis) menjadi kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau bertajuk Gelis Tuner Competition.

Kegiatan ini di dorong oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen Gelis dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif,” ucap Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI dalam siaran resmi, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: 7 Karoseri Pembuat Bodi Bus Double Decker di Indonesia

Gelis Tuner Competition di IMX 2020Charles Sumardi Gelis Tuner Competition di IMX 2020

“Penciptaan GELIS didorong dari keinginan dan harapan kami untuk bisa membantu para pedagang UMKM meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya, karena mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri,” kata Ary Tjahyono, Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia.

Dalam kegiatan ini, dipilih tiga modifikator yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

Tantangannya yaitu membuat konsep modifikasi dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.

Adapun Ketiga modifikator tersebut yaitu Marco Chendra (workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad), Yomin Sugianto (workshop spesialis lampu dan estetika eksterior Yoong Motor), dan Aldhy Rais (workshop spesialis velg dan lifestyle HSR).

Baca juga: Pertamina Siap Produksi Solar dari 100 Persen Minyak Sawit

Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis tersebut akan diluncurkan pada IMX 2020 Sabtu (10/10/2020), mereka akan memperebutkan kategori bergengsi yaitu Piala Menteri Perindustrian RI.

Kemudian kendaraan hasil modifikasi tersebut akan dinilai oleh juri yang terdiri dari beberapa unsur. Poin penilaian meliputi craftmanship, safety, ide dan kreatifitas, entrepreneurship, detail dan cleanlines, proper functions.

“NMAA sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui kegiatan ini. Lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sesuai dengan yang selalu kami gaungkan di setiap gelaran IMX,” ucap Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX Project Director.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com