Menyapa Electro, Skuter Listrik Lokal Pendamping Gesits

Kompas.com - 17/07/2020, 07:22 WIB
Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) KOMPAS.COM/STANLY RAVELElectro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) siap meluaskan bisnis kendaraan listrik dari lingkup kendaraan niaga. Kini, perusahaan sesaat lagi siap meluncurkan skuter listrik lokal pendamping Gesits di Indonesia.

Perusahaan besutan Kepala Staff Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, tersebut menamakan skuter listrik ini, Electro. Kendati model yang saat ini ada masih berupa prototipe, namun saat dipasarkan nanti dipastikan bentuknya tidak akan jauh berbeda.

Impresi perdana Kompas.com ketika bertemu Electro ternyata bentuknya cukup futuristik, terutama dari segi desain bodi. Adanya guratan tajam pada tampilan bodi bagian depan, tepatnya di sektor tengah, memberikan kesan yang sporty.

Baca juga: Punya Uang Rp 100 Jutaan, Pilih Kawasaki ZX-25R atau Mobil Bekas?

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Model kepalanya pun dibuat polos tanpa adanya lampu seperti kebanyakan skuter konvensional saat ini. Sementara head lamp yang sudah menggunakan LED di letakan pada bagian tengah, lengkap dengan sein yang juga berfungsi sebagai lampu hazard.

Namun, lampu utamanya belum mengusung Automatic Headlamp On (AHO), sehingga pengendara harus tetap menyalakan secara manual melalui saklar. Sementara, untuk speedometer sudah serba digital yang bisa menampilkan kecepatan, kapasitas daya baterai, dan jarak tempuh.

Bila diperhatikan sekilas, lekukan bodi pada bagian depan yang menjadi rumah untuk lampu utama mirip dengan skutik keluaran Yamaha. Sementara bila memperhatikan bagian bodi samping nyaris serupa dengan skutik terlarisnya Honda.

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Selain bodi, permainan desain tajam juga diterapkan pada bentuk mika stop lamp di buritan belakang yang dibuat menjadi satu frame dengan perangkat lampu sein. Sebagai standar pengamanan, lampu reflektor juga disedikan tepat di bawah lampu rem.

Letak ruang bagasi sama seperti skuter pada umumnya, tapi dimensinya memang tidak besar lantaran di bawahnya terdapat penyimpanan baterai. Membuka jok pun masih dilakukan dengan cara manual dengan anak kunci.

Baca juga: Skuter Listrik MAB Pilih Colokan ketimbang Metode Tabung Elpiji

Berdasarkan data, Electro memiliki dimensi panjang 1.280 mm, lebar 679 mm, tinggi 1.062 mm, dan wheel base 1.280. mm. Sementara untuk ketingian tempat duduk 769 mm serta ground clearance atau jarak terendah ke tanah 132 mm.

Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Electro, skuter listrik Mobil Anak Bangsa (MAB)

Dibandingkan dengan skuter konvensional seperti Honda Beat atau Yamaha Mio, dimensi Electro lebih pendek, begitu juga untuk lebarnya yang terkesan lebih slim. Sedangkan dari ketinggian, lebih pendek dari Beat namun lebih tinggi dari Mio.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X