7 Karoseri Pembuat Bodi Bus Double Decker di Indonesia

Kompas.com - 16/07/2020, 17:43 WIB
Bus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019) KOMPAS.COM/VINTORIO MANTALEANBus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com – Semakin beragamnya model bus di Indonesia, mulai kembali beredar bus double decker atau tingkat. Bus yang dulu pernah beredar di jalanan, sekarang kembali meramaikan angkutan penumpang.

Sesuai dengan PP 55 Tahun 2012 Pasal 5 ayat 3, bus tingkat sendiri harus memiliki jumlah berat yang diperbolehkan (JBB) paling sedikit 21.000 kg sampai 24.000 kg. Oleh karena itu sasis yang digunakan juga harus triple axle atau biasa disebut tronton.

Infrastruktur jalan yang semakin baik juga cocok untuk perjalanan menggunakan bus tingkat. Oleh karena itu, sudah kompas.com kumpulkan beberapa karoseri di Indonesia yang membuat bodi bus tingkat.

Baca juga: Sudah Murah tapi Sepi Peminat, Chevrolet Bekas Mulai Rp 80 Jutaan

Double decker adi putroinstagram/adiputro_official Double decker adi putro

1. Adi Putro

Karoseri asal Malang Adi Putro bisa dikatakan yang pertama membuat tren bus tingkat di Indonesia. Selain itu, sudah banyak juga perusahaan otobus (PO) yang menggunakan bus tingkat dari Adi Putro untuk armadanya.

Awal mulanya memakai tipe Jetbus 2+ Super Double Decker (SDD). Kemudian untuk model terbarunya memakai model Jetbus 3+ SDD yang memiliki ubahan pada lampu depan, fog lamp, bumper depan dan lampu belakang yang diperbarui.

Untuk spesifikasi bodinya, Jetbus 3+ SDD memiliki tinggi 4,13 meter, lebar 2,5 meter, dan panjang 13,5 meter. Sedangkan sasisnya bisa memakai merek Scania, Volvo, atau Mercedes Benz, selama tipe yang digunakan triple axle.

Baca juga: Berlangsung Saat Pandemi, Ini Bedanya Operasi Patuh Jaya 2020

2. Laksana

Jika karoseri Adi Putro sudah punya bus tingkat yang dipamerkan saat GIIAS 2016, Laksana memamerkan bodi Legacy SR2 Double Decker pada gelaran GIIAS 2018. Model yang dimiliki bus tingkat ini hampir sama dengan tipe di bawahnya.

Dimensi bus ini kurang lebih sama, memiliki tinggi 4 meter, lebar 2,5 meter dan panjang 13,5 meter. Model bus tingkat ini juga diekspor ke Bangladesh sebanyak 10 unit, namun memiliki dimensi yang lebih panjang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X