Kompartemen Apa Saja yang Ada di Bodi Bus?

Kompas.com - 15/07/2020, 19:41 WIB
Bus UHD Kompas.com/Fathan RadityasaniBus UHD

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan kendaraan penumpang dengan ukurannya yang besar. Bagian bodi bus sendiri untuk eksterior, ada beberapa kompartemen lain pada bagian samping dan depan bus.

Karena bisa memuat banyak penumpang, pastinya membutuhkan ruang bagasi yang luas. Selain itu, ada juga kompartemen lain yang posisinya dekat dengan bagasi, apa saja kah itu?

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, ada kompartemen kecil yang posisinya dekat dengan bagasi, fungsinya sebagai bagasi tambahan.

Baca juga: Fuel Pump Bermasalah, Honda Recall 85.000 Unit Mobil di Indonesia

Bus AKAP Sumatragramho Bus AKAP Sumatra

Kompartemen kecil itu sebagai bagasi tambahan, biasanya untuk menyimpan tool kit,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2020).

Selain itu, untuk tipe bus yang memiliki dek tinggi, seperti Jetbus 3+ UHD, Legacy SR2 XHD, dan Tentrem H9, memiliki ruang lebih di atas rumah roda. Seperti yang dikatakan Export Manager karoseri Laksana, werry Yulianto.

“Untuk XHD, ada bagasi di atas rodanya, baik depan maupun belakang. Namun ukurannya tidak besar,” kata Werry kepada Kompas.com.

Baca juga: Aturan Baru, Mobil Listrik Harus Berisik

Kemudian bisa dilihat pada bodi samping bagian belakang, ada kisi-kisi di sisi kanan dan kirinya. Untuk bagian kiri, kisi-kisi tersebut merupakan tempat diletakkannya radiator mesin. Sedangkan bagian kanan untuk air intake.

Kompartemen kecil ini juga ada pada bagian depan bus. Untuk bus dengan mesin di belakang, fungsinya sebagai tempat air wiper dan akses menuju ban cadangan. Sedangkan bus mesin depan, kompartemen depan sebagai tempat radiator.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X