Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kompartemen Apa Saja yang Ada di Bodi Bus?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan kendaraan penumpang dengan ukurannya yang besar. Bagian bodi bus sendiri untuk eksterior, ada beberapa kompartemen lain pada bagian samping dan depan bus.

Karena bisa memuat banyak penumpang, pastinya membutuhkan ruang bagasi yang luas. Selain itu, ada juga kompartemen lain yang posisinya dekat dengan bagasi, apa saja kah itu?

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, ada kompartemen kecil yang posisinya dekat dengan bagasi, fungsinya sebagai bagasi tambahan.

“Kompartemen kecil itu sebagai bagasi tambahan, biasanya untuk menyimpan tool kit,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (15/6/2020).

Selain itu, untuk tipe bus yang memiliki dek tinggi, seperti Jetbus 3+ UHD, Legacy SR2 XHD, dan Tentrem H9, memiliki ruang lebih di atas rumah roda. Seperti yang dikatakan Export Manager karoseri Laksana, werry Yulianto.

“Untuk XHD, ada bagasi di atas rodanya, baik depan maupun belakang. Namun ukurannya tidak besar,” kata Werry kepada Kompas.com.

Kemudian bisa dilihat pada bodi samping bagian belakang, ada kisi-kisi di sisi kanan dan kirinya. Untuk bagian kiri, kisi-kisi tersebut merupakan tempat diletakkannya radiator mesin. Sedangkan bagian kanan untuk air intake.

Kompartemen kecil ini juga ada pada bagian depan bus. Untuk bus dengan mesin di belakang, fungsinya sebagai tempat air wiper dan akses menuju ban cadangan. Sedangkan bus mesin depan, kompartemen depan sebagai tempat radiator.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/15/194100815/kompartemen-apa-saja-yang-ada-di-bodi-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke