Mengenal Selendang Bodi Bus, Apa Maksudnya?

Kompas.com - 15/07/2020, 17:41 WIB
Kafe bus di Kota Malang, salah satunya NgopiUklam87. Ngopi dalam bus sembari keliling wisata Kota Malang. KOMPAS.com/YUHARRANI AISYAHKafe bus di Kota Malang, salah satunya NgopiUklam87. Ngopi dalam bus sembari keliling wisata Kota Malang.

JAKARTA, KOMPAS.comBus yang ada di Indonesia saat ini memiliki model yang menarik. Salah satu bagian eksterior yang unik yaitu adanya selendang pada bagian samping. Lalu apa yang dimaksud selendang ini?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, selendang merupakan bagian eksterior bagian samping bus berupa pilar miring yang memanjang sampai belakang. Karoseri yang memiliki selendang ini yaitu Adi Putro.

“Asal sebutan selendang itu dari zaman bodi Setra yang lama, tahun 2000an. Kalau disambung kan jadi selendang setra, pelesetan dari selendang sutra,” ucap Dimas Raditya, Anggota dari Forum Bismania Indonesia kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Operasi Patuh Jaya 2020 Mulai Bergulir, Pelanggar Bisa Ditilang

Selendang BusKompas.com/Fathan Radityasani Selendang Bus

Karoseri Adi Putro memang mengambil inspirasi bodi Setra dan Travego yang merupakan produk dari Daimler atau Mercedes Benz. Desain bodi ini memang terbilang aman, tidak macam-macam sehingga mudah disukai.

Kemudian mulai dari Jetbus 2, Adi Putro menyematkan selendang pada bagian samping bodinya. Jika dilihat dari samping memang terlihat elegan dengan adanya garis miring kemudian naik ke atas kaca dan memanjang sampai belakang.

Baca juga: Pindad Berencana Bikin Mesin Sendiri Ketimbang Comot Merek Lain

Seiring berjalannya waktu, Adi Putro juga turut mengganti model selendangnya. Model selendang terbaru ini ada di bodi Jetbus 3+ dengan model Voyager, atau biasa disebut oleh Bismania selendang geprek.

Selendang geprek sebutan dari mania, karena bentuknya yang gepeng. Karoseri selain Adi Putro yang memakai selendang yaitu Piala Mas. Mungkin kedua karoseri memiliki inspirasi bodi yang sama,” kata Dimas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X