Selisik Fitur Quick Shifter pada Kawasaki Ninja ZX-25R

Kompas.com - 10/07/2020, 17:11 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R KOMPAS.com/Donny Kawasaki Ninja ZX-25R

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu keunggulan pada Kawasaki Ninja ZX-25R adalah keberadaan fitur quick shifter. Fitur ini tidak dimiliki oleh motor sport 250 cc lainnya yang dipasarkan di Indonesia.

Sesuai namanya, quick shifter berfungsi untuk mempercepat perpindahan gigi atau transmisi. Pada kebanyakan motor, perpindahan gigi mengharuskan pengendara untuk menarik tuas kopling.

Baca juga: Pebalap Superbike Puji Fitur di Kawasaki ZX-25R

"Pada Ninja ZX-25R sudah tidak perlu tarik kopling lagi saat pindah gigi, karena sudah ada Kawasaki Quick Shifter (KQS)," ujar Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Baca juga: Kawasaki Mulai Buka Pemesanan Ninja ZX-25R

Michael menambahkan, quick shifter-nya bekerja dua arah, upshift dan downshift. KQS ini baru dapat digunakan ketika putaran mesin di atas 2.500 rpm.

Cara kerjanya cukup sederhana, yaitu memutus aliran listrik pada pengapian dalam hitungan milidetik. Sehingga, mesin akan mati sebentar saat digunakan. Jadi, aman bagi pengendara untuk langsung melakukan perpindahan gigi.

Ninja ZX-25RKompas.com/Donny Ninja ZX-25R

Keuntungan menggunakan quick shifter adalah akselerasi motor jadi lebih cepat. Sebab, putaran mesin tidak banyak yang turun.

KQS hanya ada pada Ninja ZX-25R tipe ABS SE yang dibanderol Rp 112.900.000 (OTR Jakarta).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X