Penjualan Mobil Transmisi Manual Honda Mendadak Naik

Kompas.com - 09/07/2020, 13:41 WIB
All new Honda Brio RS di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio RS di GIIAS 2018
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menuju masa transisi new normal, PT Honda Prospect Motor ( HPM) sukses mengantongi penjualan sebanyak 2.488 unit pada Juni lalu. Pencapaian itu meningkat 93 persen dibandingkan pada Mei atau bulan sebelumnya.

Honda Brio masih menjadi tulang punggung utama dengan kontribusi sebanyak 1.314 unit, atau menyumbang sebesar 52 persen dari total penjualan Honda selama Juni.

Selain menggambarkan segmen city car dan LCGC masih seksi bagi produk Honda, ternyata ada fakta menarik di balik tingginya peminat Brio, yakni tumbuhnya konsumen first time buyer Honda.

Baca juga: Menu City Car Bulan Ini, Renault Kwid Climber Paling Murah

"Betul, pasar city car meningkat, terutama yang transmisi manualnya yah mendadak tinggi kontribusinya. Tadi otomatis sekarang (yang naik) manual," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM saat sesi tanya jawab virtual, Kamis (9/7/2020).

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Menurut Billy, kondisi tersebut tak lepas dari meningkatnya konsumen first time buyer Honda yang naik signifikan di masa transisi menuju kenormalan baru. Peningkatan konsumen tersebut lantaran ada pola masyarakat yang mulai enggan untuk naik kendaraan umum.

Selain itu, dari sisi perekonomian makro juga diklaim mulai beranjak naik, termasuk kepercayaan dari pihak pembiayaan yang mulai memberikan kemudahan kembali.

"Jadi memang kecendrungan konsumen first time buyer mencari manual, dan memang untuk kami itu di Brio. Terus terang kontribusi Brio selalu sekitar 50 persen, sekarang manual transmisi lebih dicari dengan LCGC-nya Honda ( Brio Satya)," ucap Billy.

Baca juga: Penjualan Naik 93 Persen, Honda Sebut Mulai Ada Tren Positif

"Dari segi kontribusi, Brio Satya sekitar 39 persen, sementara yang Brio RS 19 persen. Nah, 50 persen itu dari first time buyer, namun untuk kenaikan di transmisi manual sendiri kami sedang kalkukasi lebih detail lagi, angka pastinya akan saya update," kata dia.

Honda Brio RSKOMPAS.com/Gilang Honda Brio RS

Sekadar informasi, pada Juni HPM sukses mengantongi penjualan 2.488 unit, dengan kontribusi utama dari Brio. Sedangkan untuk posisi kedua berasal dari HR-V yang terjual 343 unit, setelah itu Jazz 293 unit, CR-V 192 unit, dan Mobilio 164 unit.

Honda BR-V juga ikut menyumbang penjualan sebesar 66 unit, Civic Hatchback 52 unit, Civic Sedan 26 unit, Accord 20 unti, kemudian City 14 unit. Untuk MPV mewahnya, Odyssey berhasil terjual sebanyak empat unit.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X