Plus Minus Bawa Sepeda Pakai Rak Khusus di Mobil

Kompas.com - 22/06/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi membawa sepeda dengan mobil pakai bike rack kompasianaIlustrasi membawa sepeda dengan mobil pakai bike rack

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga bersepeda belakangan ini menjadi semakin digemari di masa pandemi Covid-19. Tak sedikit juga yang sampai niat membawa sepeda menggunakan mobilnya.

Pada umumnya, orang-orang memasang rak sepeda atau bike rack pada mobilnya. Dari tempat memasangnya, rak sepeda terbagi menjadi dua jenis, yaitu rak yang ditempatkan di belakang mobil dan di atas mobil.

Baca juga: Ingat, Kendaraan Bermotor Masuk Jalur Sepeda Denda Rp 500.000

Namun, sebenarnya di mana pun penempatannya, tetap ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan rak sepeda tersebut.

Ilustrasi sepedashutterstock Ilustrasi sepeda

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, penempatan sepeda di luar badan kendaraan bebas saja dilakukan.

"Asalkan, pengemudi tahu batas-batas aman terhadap tambahan objek sepeda itu," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, penting juga mempertimbangkan kemudahan perihal loading dan unloading-nya. Menurutnya, di atas atau di belakang mobil, penempatan sepeda tetap ada bahayanya.

Baca juga: Jangan Asal Pasang Windshield di Sepeda Motor

"Kalau saya lihat dari sisi safety, di atas tidak terlihat oleh pengemudi. Sehingga, rawan terlepas apabila pengikatan yang tidak kuat.

Selain itu, pertimbangan banyaknya portal di Indonesia, kadang objek tersebut suka tersangkut kalau pengemudinya tidak waspada, kata Sony.

Sedangkan untuk penempatan sepeda di belakang mobil, menurut Sony, sepeda memang mudah terlihat dari spion, sehingga mudah dipantau.

"Masalahnya, paling cuma saat mundur, karena persepsi panjang mobil jadi berubah," ujar Sony.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X