Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Bawa Sepeda Pakai Rak Khusus di Mobil

Kompas.com - 22/06/2020, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga bersepeda belakangan ini menjadi semakin digemari di masa pandemi Covid-19. Tak sedikit juga yang sampai niat membawa sepeda menggunakan mobilnya.

Pada umumnya, orang-orang memasang rak sepeda atau bike rack pada mobilnya. Dari tempat memasangnya, rak sepeda terbagi menjadi dua jenis, yaitu rak yang ditempatkan di belakang mobil dan di atas mobil.

Baca juga: Ingat, Kendaraan Bermotor Masuk Jalur Sepeda Denda Rp 500.000

Namun, sebenarnya di mana pun penempatannya, tetap ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan rak sepeda tersebut.

Ilustrasi sepedashutterstock Ilustrasi sepeda

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, penempatan sepeda di luar badan kendaraan bebas saja dilakukan.

"Asalkan, pengemudi tahu batas-batas aman terhadap tambahan objek sepeda itu," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, penting juga mempertimbangkan kemudahan perihal loading dan unloading-nya. Menurutnya, di atas atau di belakang mobil, penempatan sepeda tetap ada bahayanya.

Baca juga: Jangan Asal Pasang Windshield di Sepeda Motor

"Kalau saya lihat dari sisi safety, di atas tidak terlihat oleh pengemudi. Sehingga, rawan terlepas apabila pengikatan yang tidak kuat.

Selain itu, pertimbangan banyaknya portal di Indonesia, kadang objek tersebut suka tersangkut kalau pengemudinya tidak waspada, kata Sony.

Sedangkan untuk penempatan sepeda di belakang mobil, menurut Sony, sepeda memang mudah terlihat dari spion, sehingga mudah dipantau.

"Masalahnya, paling cuma saat mundur, karena persepsi panjang mobil jadi berubah," ujar Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com